Tribunnews

STRIKER.ID – Indonesia pernah kehadiran sosok pelatih asal Inggris yang sukses melambungkan namanya di Liga Thailand, Scott Joseph Cooper. Ia tercatat pernah menjadi pelatih kepala Mitra Kukar pada musim 2015 lalu.

Baca Juga

Sayangnya, kala itu kiprah Cooper tak berlangsung lama. ia yang dikontrak berdurasi dua musim di tim Naga Mekes harus lebih dulu mengakhiri kontraknya menyusul sepak bola Indonesia terkena sanksi FIFA yang membuat kompetisi tak bergulir.

Scott Cooper lantas kembali ke sepak bola Thailand, yang membesarkan namanya di dunia kepelatihan, hingga ia dipanggil PFF untuk membantu Terry Butcher di staf kepelatihan Timnas Filipina pada medio Juni 2018, sebagai penasihat timnas.

Lantas seperti apa kabar Scott Joseph Cooper sekarang?

Dilansir dari Bola.com, Cooper saat ini justru ditunjuk sebagai pelatih kepala sementara Timnas Filipina menggantikan Terry Butcher yang memutuskan mundur pada awal bulan ini.

Pria berusia 48 tahun itu diberi keleluasaan oleh Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) untuk menyusun program persiapan tim menuju Piala AFF 2018 dan Piala Asia 2019.

Filipina sendiri tak mengirim tim ke Asian Games 2018 di Indonesia. Kondisi iNJi diprediksi membuat mereka lebih siap menghadapi Piala AFF 2018.

Sepintas rekam jejak Cooper, ia pernah menangani klub Buriram United di Thailand, 2013 lalu. Cooper menyulap Buriram menjadi tim menakutkan di Thailand Premier League, AFC Champions League, Thai FA Cup, maupun Thai League Cup.

Buriram dibawanya nyaris unbeaten (tak terkalahkan) di semua kompetisi, dengan menang 23 kali dari 29 laga, draw lima kali, dan hanya kalah sekali. Hebatnya, ia mencatat sejarah di sepakbola Thailand, dengan membawa klub Thailand ke jajaran 10 besar klub Asia.

Di bawah tangan dinginnya, Buriram tercatat menghasilkan rata-rata 3,1 gol per laga, dan hanya kebobolan 0,75 gol per laga.

Situs Transfrmarkt mencatat, manajer yang pernah menangani tim junior dari klub EPL, Leicester City ini, sangat doyan memakai formasi 3-5-2 di Thailand.

 

 

 

Komentar

komentar