STRIKER.ID – Salah satu pemain lokal yang masuk jajaran top skor di Liga 1 2018, Samsul Arif, secara mengejutkan justru mengatakan tidak setuju dengan wacana penghapusan pemain asing di posisi striker.

Sebelumnya, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sempat merancang wacana tersebut, demi bisa menggairahkan lagi pemain lokal di posisi depan, yang dalam beberapa tahun terakhir tampak tenggelam.

Baca juga:

Bagi Samsul, sebenarnya kehadiran pemain asing, khususnya di lini depan, justru membawa banyak manfaat. Pemain yang sudah menyarangkan 10 gol di Liga 1 2018 ini menyebut pengalaman para legiun impor tersebut sangat berharga.

“Saya kira menghapus pemain asing bukan solusi yang arif dan bijaksana. Karena mereka pemain sama seperti kita yang mencari uang dari sepak bola,”

“Apalagi, selama ini sebenarnya pemain depan asing juga memberikan banyak hal positif kepada sepak bola kita. Pengalaman mereka, membuat kita yang penyerang lokal bisa jadi banyak belajar,” tutur Samsul.

Soal krisis lini depan Timnas, Samsul menilai sebenarnya itu bukan kesalahan penyerang asingnya. Namun lebih kepada kebijakan pelatih yang masih ragu memberikan kepercayaan kepada pemain lokal.

“Ada baiknya, semua pelatih di Liga 1 ini memberikan kepercayaan di lini depan juga kepada penyerang lokal, tidak melulu kepada striker impor. Ini lebih kepada kebijakan di masing – masing pelatih,” pungkasnya.

Komentar

komentar