foto: Instagram Persipura1963

STRIKER.ID – Persipura Jayapura memang sukses mengamankan tiga poin di kandangnya Stadion Mandala, dari tamunya Arema FC. Namun kemenangan 1-0 pada Sabtu (22/09/2018) tersebut tidak didapat dengan mudah.

Sejak menit awal, Persipura yang memang mengincar poin penuh bermain dengan menekan. Namun tim tamu yang menurunkan formasi 4-4-2 bermain cukup disiplin, khususnya dalam menggalang pertahanan secara berlapis.

Hal ini membuat Persipura yang mengandalkan trio Addison Alves – Hilton Moereira – Ronaldo Wanma cukup kesulitan membongkar pertahanan Arema yang digalang Hamka Hamzah dan Israel Wamiau.

Baca juga:

Jalan Persipura semakin terjal untuk bisa membobol gawang Arema, setelah kiper muda tim tamu Utam Rusdiana bermain impresif.

Arema sendiri hanya mengandalkan serangan balik, dengan mengandalkan kecepatan duet Sunarto – Dedik Setiawan.

Hingga babak pertama berakhir skor imbang kacamata tetap terjaga.

Mencoba menajamkan serangan, di awal babak kedua, Mutiara Hitam memasukkan pemain sayap Valentino Talaubun, menggantikan bek tengah Marcio Rosario. Pergantian ini sendiri mulai membuahkan hasil, beberapa kali Valentino berhasil mengirimkan umpan silang ke dalam kotak 16 Arema.

Namun di menit 50 terjadi insiden. Pemain tengah Persipura Manuel Wanggai bertabrakan kepala keras dengan gelandang Arema Hendro Siswanto.

Peristiwa ini membuat Hendro Siwanto langsung tidak sadarkan diri, dengan kepala berdarah. Pemain senior ini pun langsung dibawa dengan cepat langsung dibawa dengan ambulance ke rumah sakit terdekat.

Sedangkan Manu Wanggai kondisi nya lebih baik, dan bisa meneruskan pertandingan dengan kepala diperban.

Hendro pun digantikan pemain tengah senior lainnya Juan Revi.

Keluarnya Hendro membuat permainan Arema sedikit berubah. Mereka kini lebih mengutamakan pertahanan.

Pada menit ke-56 petaka bagi tim tamu hadir, setelah bek Israel Wamiau menerima kartu kuning kedua dan harus mandi lebih cepat.

Kondisi ini membuat Persipura semakin di atas angin. Habis – habisan mereka mencoba memberondong gawang Arema. Beruntung Utam Rusdiana tidak kehilangan konsentrasi dan berkali – kali menepis tendangan pemain tamu.

Menit ke-68, serangan demi serangan Persipura membuahkan hasil hadiah penalti. Setelah bek Arema Alfin Tuasalamony dianggap wasit menahan tendangan silang Valentino Talaubun dengan tangan.

Bertindak sebagai eksekutor, Hilton Moreira sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 untuk Persipura.

Tak puas dengan sebiji gol, Persipura terus berupaya kembali merobek jala Utam Rusdiana. Namun ketenangan Utam dan pertahanan ketat Arema, membuat hingga babak kedua berakhir skor tidak berubah.

Hasil ini membawa Persipura kini berada di posisi ke-8 klasemen sementara dengan 33 poin. Sedangkan Arema masih tertahan di posisi ke-12 dengan 28 poin.

Komentar

komentar