sumber foto: pssi.org

STRIKER.ID – Federasi sepak bola Indonesia (PSSI), sudah merilis sanksi kepada Persib Bandung, terkait insiden tewasnya seorang suporter sebelum laga antara Persib kontra Persija bergulir, pada 23 September lalu.

Dalam rilis yang diunggah pada Selasa (2/10) siang, Komisi Disipliln (Komdis) PSSI memberikan hukuman kepada suporter Persib dan pihak peneyelenggara.

Ini Solusi Hukuman Yang Ditawarkan APPI Kepada PSSI Pasca Meninggalnya Seorang The Jakmania

Untuk suporter Persib sendiri, Komdis memberikan hukuman larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib pada saat laga kandang dan tandang Liga 1, sejak keputusan ditetapkan hingga putaran pertama Liga 1 musim 2019.

“Untuk suporter dan penonton, Komdis juga memberikan sanksi berupa larangan untuk menyaksikan pertandingan Persib Bandung pada saat home maupun away serta pertandingan Liga 1 lainnya sejak putusan ini ditetapkan sampai pada setengah musim kompetisi 2019,” tulis rilis dari pssi.org.

Sedangkan pihak panitia penyelenggara diberi hukuman lantaran Panpel dinilai lalai dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada suporter yang datang menonton.

“Sementara untuk pantia penyelenggara pertandingan, sanksinya adalah menghukum ketua panitia pelaksana pertandingan dan security officer berupa larangan ikut serta dalam kepanitiaan pertandingan Persib Bandung selama 2 (dua) tahun.”

“Panpel Persib Bandung juga didenda sebesar Rp. 100.000.000 (seratus juta rupiah). Panpel Persib Bandung wajib memerangi dan melarang rasisme dan tulisan provokasi serta slogan yang menghina pada spanduk, poster, baju dan atribut lainnya dengan cara apapun.”

Komdis pun memberikan hukuman kepada pelaku pengeroyokan Haringga Sirla, berupa larangan menonton sepak bola di wiliyah Indonesia seumur hidup.

Dalam rilis tersebut juga PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1. PSSI meminta kepada pihak operator untuk menggulirkan kembali gelaran Liga 1 tanggal 5 Oktober mendantang.

“Dengan telah diputuskannya hukuman ini dari Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1. PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung tanggal 5 Oktober 2018,” kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, dikutip pada halaman resmi PSSI.

Suporter Suarakan Kata Provokatif Dan Rasis Di Dalam Stadion Sama Dengan Pertandingan Dihentikan

Komentar

komentar