STRIKER.ID – Publik sepak bola Tanah Air tentu masih ingat dengan pemain naturalisasi Indonesia kelahiran Amsterdam, Tonnie Cusell. Yup, pemain yang pernah berseragam Timnas Indonesia diajang Piala AFF 2012 ini memang kabarnya sudah lama tak terdengan diteliga publik pecinta sepak bola Indonesia.

Lantas seperti apa kondisinya sekarang?

Seperti dilansir dari Superball.id, Tonnie Cusell dikabarkan telah memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola sejak 2016 silam pada saat ia berusia 33 tahun.

Baca Juga

Hanya saja, meski telah dikabarkan gantung sepatu, nama Cusell justru masih terdaftar dalam skuat terkini tim amatir Ajax skuat zaterdag 3. Namun ternyata setelah ditelusuri, Cusell memang sudah biasa keluar-masuk skuat Ajax amatir.

Sepintas tentang Tonnie, ia diboyong ke Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2012. Namun, kala itu Tonnie Cusell berstatus sebagai pemain klub amatir GVVV.

Keputusan PSSI membantunya mendapat paspor Indonesia dipertanyakan, karena kualitas sang pemain tak bisa dibilang istimewa. Bahkan, karirnya di Timnas Indonesia sangat singkat dan tidak cemerlang.

Tercatat selama periode 2012-2014, Tonnie hanya bermain dua kali untuk timnas dan tidak sekalipun mencetak gol. meski begitu Cusell sempat mengakui bahwa membela timnas Indonesia adalah pengalaman terbaik sepanjang kariernya.

“Pengelaman terbaik saya adalah saat melakoni debut di timnas Indonesia. Saya tak membayangkan bisa melakukan hal itu di usia 29 tahun,” kata Cusell.

Selain Timnas, Tonnie juga pernah membela Barito. Tapi sayangnya, ia harus pergi dengan menyisakan cerita tidak enak. Pelatih Barito, Salahuddin, menyebut Tonnie pemain yang tidak profesional. Ia sering keluyuran malam dan tidak serius saat menjalani sesi latihan. Tonnie juga dinilai terlalu banyak mau. Ia menuntut fasilitas ala pesepak bola Eropa. Padahal belum membuktikan kemampuannya di lapangan.

Komentar

komentar