STRIKER.IDTimnas Indonesia kini tengah bersiap untuk tempur di ajang Piala AFF 2018. Skuad Garuda sendiri tergabung dengan grup B bersama dengan Singapura, Thailand, Filipina dan Timor Leste. Dukungan publik sepak bola Tanah Air pun mengalir, salah satunya dari pelatih yang sekaligus legenda Timnas Indonesia, Robby Darwis.

Baca Juga

Mantan punggawa Persib Bandung itu berharap Timnas Garuda bisa meraih juara di Piala AFF musim ini, karena ia menilai tahun ini Piala AFF jadi barometer Timnas Indonesia untuk melangkah ke tingkat selanjutnya.

Robby juga menilai indonesia bisa diuntungkan dengan format baru dari Piala AFF tahun ini.

Seperti diketahui, tahun ini Piala AFF mengalami perubahan format, dimana sebelumnya penerapan laga kandang maupun tandang baru diterapkan saat semi final, tapi kali ini diterapkan sejak babak penyisihan.

“Mudah-mudahan lah gelar AFF kita bisa raih dengan format yang baru ini, itu kesempatan dan peluang kita lebih besar dengan format baru ini,” ungkap Robby Darwis saat ditemui Striker.id di Stadion Gajayana Malang, Rabu (7/11/2018).

“Barometer kita dilihat dari komeptisi kali ini untuk melangkah ke level berikutnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Robby statistik Timnas khususnya diberbagai level usia tahun ini cukup baik. Akan tetapi mentalitas masih jadi permasalahan tersendiri.

“Kalau lihat statistik agak naik, mulai dari  u-16, u-19 sedikit lagi lah kita capai target yang didapat sama kita,” paparnya.

“Dari segi teknik tidak beda jauh, cuman mentalitas kita jadi masalah, kita jangan melihat siapa-siapa lawan kita, tapi yang penting kita bermain sesuai dengan khas merah putih itu lebih penting,” terangnya.

Sementara itu Robby mengatakan Thailand masih menjadi lawan terberat Timnas Indonesia di Piala AFF.

“Tapi dalam segi persaingan khusunya di Piala AFF, Thailan mungkin juga myanmar menjadi saingan berat untuk timnas Kita,” ungkapnya.

“Tapi mudah-mudahan lah kita bisa meraih hasil positif dengan format baru ini,” pungkasnya.

Sementara itu Timnas Indonesia sendiri akan mengawali kiprahnya di Piala AFF dengan melawan Singpura di National Stadium, Jumat (9/11).

Komentar

komentar