STRIKER.IDTimnas Indonesia yang tengah berfokus tampil maksimal di ajang Piala AFF 2018, justru terancam dikenai sanksi denda oleh Panitia Piala AFF. Hal tersebut menyusul permasalahan jersey yang dikenakan oleh tim besutan pelatih Bima Sakti itu.

Baca Juga

Seperti dilansir dari Superball.id, Timnas Indonesia diduga melanggar karena mengenakan jersey dengan rupa berbeda dalam dua pertandingan yang telah dilakoni.

Perbedaan mencolok tersebut terlihat saat Hansamu Yama dan kolega tampil menjamu Timor Leste pada Selasa (13/11/2018). Pada laga itu, Timnas Indonesia berlaga dengan jersey utama, berwarna merah saat menjamu Timor Leste, namun tidak menggunakan patch atau logo turnamen di lengan mereka.

Kondisi tersebut berbeda dari Timnas Indonesia saat menggunakan jersey putih pada waktu melawan Singapura. Kala itu, jersey Timnas Indonesia dilengkapi dengan patch Piala AFF 2018 di lengan kanan mereka.

Berdasarkan statuta yang diterapkan pada Piala AFF 2018, yang tertera pada peraturan soal Colours and Number of Team, diinstruksikan tim peserta untuk memasang logo turnamen di lengan kanan jersey.

“Ruang harus dikosongkan di masing-masing lengan jersey, tak boleh ada logo apparel sponsor atau identitas federasi yang tampak,” bunyi peraturan Piala AFF 2018.

“Ruang Bebas di Lengan Jersey itu secara eksklusif disiapkan untuk logo turnamen. Tak ada elemen lain yang boleh berdekat dengan logo tersebut,”

Akibat dari pelanggaran tersebut, Timnas Indonesia harus membayar mahal karena Panitia Piala AFF 2018 telah menyiapkan sanksi denda sebesar 5.000 dolar AS atau setara dengan Rp 73,8 juta.

Jika pelanggaran tersebut terulang kembali, maka Timnas Indonesia wajib membayar denda sebesar 10.000 dolar AS atau setara Rp 147 juta.

Jika masih melakukan pelanggaran tersebut, akan mendapatkan sanksi lebih berat lagi.

Sanksi ini sendiri bisa saja mengganggu stabilitas Timnas Indonesia yang memang belum tampil maksimal di Piala AFF 2018.

 

Komentar

komentar