STRIKER.ID – Liga 1 2018 resmi berakhir pada Minggu, (09/12) petang. Persija Jakarta berhasil mentahbiskan diri sebagai juara baru, mengungguli PSM Makassar yang menguntit di posisi kedua.

Sementara persaingan sangat ketat juga terjadi di zona degradasi. Dimana pada pekan terakhir ini, ada lima tim yang bersaing, dan akhirnya harus ada tiga klub yang musim depan turun ke Liga 2.

Adalah Sriwijaya FC, Mitra Kukar, dan PSMS Medan yang harus mengakhiri musim ini dengan tertunduk lesu. Setelah ketiganya gagal untuk bisa lepas dari jerat degradasi.

Sriwijaya FC yang dijamu Arema FC, sebenarnya nyaris membuka asa untuk bertahan. Setelah berhasil mengungguli tuan rumah hingga babak pertama berakhir, melalui gol Esteban Vizcarra. Namun babak kedua keadaan berbalik, Arema justru bisa mencetak dua gol, melalui penalti Makan Konate dan tendangan terarah Dedik Setiawan.

Sriwijaya pun harus puas, mengakhiri musim ini di posisi ke-16 klasemen akhir dengan poin akhir 39, hasil 11 menang, 6 imbang dan 17 kalah.

Sementara, Mitra Kukar yang juga dijamu tim juara baru Persija Jakarta, jelas punya tantangan besar. Naga Mekes sendiri tampak tidak mau menyerah begitu saja. Terbukti dengan skor tipis di akhir laga, yaitu 2-1 untuk tim tuan rumah.

Hasil ini membuat Mitra Kukar hanya bisa berada di posisi ke-16, dengan poin akhir 39, hasil atas 12 kali menang, 3 kali imbang dan 19 kali kalah.

foto: Official PSIS Semarang

Sementara, tim penghuni peringkat buncit PSMS Medan, justu jadi ladang gol bagi tim yang memburu juara musim ini PSM Makassar. Juku Eja sukses meluluhlantakkan Ayam Kinantan dengan skor lima gol tanpa balas.

Dimana akhirnya, PSMS hanya bisa mengumpulkan 37 poin dan menempati peringkat 18 klasemen akhir. Sepanjang musim ini, tim asal Medan ini mencatatkan 11 kali menang, 4 kali imbang dan 19 kali kekalahan.

PS Tira, dan Perseru Sukses Menang Away

Sementara Perseru Serui dan PS Tira yang juga terlibat dalam persaingan bertahan di Liga 1, berhasil memenuhi targetnya.

Perseru yang bermain di away ke Persipura Jayapura, sukses membekuk tuan rumah dengan skor 2-0. Menorehkan 42 poin, klub besutan Wanderley Junior ini finish di posisi 14. Hasil, 11 kali menang, 9 kali imbang dan 14 kali kalah.

foto: liga-indonesia.id

Sementara di kandang Borneo FC, PS Tira juga secara mengejutkan berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor impresif 3-1. Hasil ini membuat mereka mengakhiri kompetisi dengan berada di peringkat 15 klasemen akhir dengan poin 42. Selama 34 laga, The Young Warriors mencatatkan rekor 12 kali menang, 6 kali imbang dan menderita kekalahan sebanyak 16 kali.

Komentar

komentar