Anggota IeSPA

STRIKER.ID – ASIAN Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia kemarin menjadi titik balik eSport di tanah air. Untuk pertama kalinya e-Sport ditunjuk sebagai cabang olahraga resmi di event empat tahunan ini. Dan untuk pertama kalinya pula Indonesia memiliki delegasi resmi diajang olahraga virtual.

Banyak masyarakat umum yang mengira jika pemerintah Indonesia baru melek e-Sport tahun 2018. Namun nyatakan pemerintah sudah menyadari potensi e-Sport sebagai cabor sejak lama.

Valve Akhirnya Turun Tangan Untuk Akhiri Kasus Rasisme Chongqing Major

Adalah IeSPA atau Indonesia e-Sport Association, induk atau wadah resmi yang menaungi atlet-atlet e-Sport di Indonesia. Pendek kata mereka lah PSSInya e-Sport di Indonesia.

Asosiasi ini dibentuk pada tahun 1 April 2013 yang diprakarsai oleh Eddy Lim, Prana Adisapoetra, Erwin, Terry dan juga Richard Permana. Dilatarbelakangi pesatnya indsutri olahraga yang sudah mulai menjamur dikalangan generasi milenial, kelima orang ini mantab menjadi perantara permerintah untuk memajukan e-Sport.

ketua IeSPA : Eddy Lim

Selain memajukan dan membina e-Sprot di Indonesia, misi IeSPA adalah berusaha agar atlet olaharga elektornik mendapatkan kedudukan yang sama degan atlet olahraga pada umumnya. Pasalnya hingga saat ini atlet e-Sport masih dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum khususnya.

IeSPA jugalah yang merupakan aktor dibelakang kunci sukses Indonesia dalam menyabet medali dicabor Esport ASIAN Games 2018 kemarin.

Untuk saat ini IeSPA bergerak dibawah pengawasan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Namun kedepannya IeSPA berharap bisa berdiri sendiri dan menjadi induk cabang yang menaungi seluruh kegiatan e-Sport di Indonesia.

Meskipun demikian, asosiasi yang diketuai Eddy Lim ini sudah menjadi anggota IeSF (International e-Sport Federation) alias federasi e-Sport Internasional. Dengan demikian setiap ada event-event e-Sport di level internasional, Indonesia bakal mendapatkan pemberitahuan dan berkesempatan mengirimkan delegasinya.

Esport Akan Warnai Gelaran SEA Games 2019 Filipina

Menurut informasi yang didapatkan dari laman resminya, IeSPA sudah mengirimkan perwakilannya di 11 provinsi dan 2 kota di Indonesia. Jumlah ini kemungkinan bertambah melihat animo masyarakat untuk terjun kedunia e-Sport.

Komentar

komentar