photo: offside.co.id

STRIKER.ID- Timnas Indonesia akhirnya memiliki pelatih resmi, adalah pelatih bhayangkara fc simon mcmenemey yang ditunjuk oleh pihak federasi sepakbola indonesia, PSSI.

Kiprah pelatih asal Skotlandia melangkah bersama Timnas Garuda Jaya akan dimulai tahun depan, yaitu berpartisipasi pada babak kualifikasi Piala Asia.

Terpilihnya eks pelatih timnas Philipina itu bukanlah tanpa sebab. Beberapa prestasi yang didapat oleh Simon Mc Menemey di Liga Indonesia dua tahun terakhir kemungkinan besar menjadi dasar PSSI memilih pelatih 41 tahun itu untuk menangani timnas Indonesia.

Selain itu ada 4 hal lain yang menjadi nilai positif Simon McMenemey cocok melatih timnas Indonesia, apa saja? Berikut analisa untuk anda.

  1. Pengalaman Dengan Timnas

Pengalaman Simon McMenemey bersama timnas bukanlah kali pertama, sebelumnya ia pernah didapuk menjadi pelatih timnas Philipina untuk turun di Piala AFF 2010 silam. Meski kala bersama Timnas Philipina belum sempat membawa ke tangga Juara, namun setidaknya pelatih asal Skotlandia ini  mampu mengantar The Azkals julukan Timnas Philipina ke babak semifinal Piala AFF 2010.

  1. Pelatih Klub Papan Atas

Sejak kemunculannya melatih timnas Philipina, beberapa klub papan atas banyak mengarahkan bidikannya pada Simon McMenemey. Beberapa Liga teratas di Asia Tenggara pernah ia tangani sebut saja Dong Tam Long An klub liga 1 Vietnam, New Radiant klub liga teratas Maladewa, Loyola Meralco Sparks klub liga 1 Filipina.

Untuk Indonesia sendiri apalagi, setidaknya ada 3 klub di Liga 1 yang sudah dibesutnya, antara lain Mitra Kukar, Pelita Bandung Raya, dan terakhir adalah Bhayangkara FC.

  1. Ahli Meracik Pemain Muda

Pengalamannya bersama Timnas Philipina membuatnya piawai dalam hal meracik pemain muda dan pemain senior. Hal itu akhirnya terbawa juga dalam tim Bhayangkara FC. Beberapa pemain muda dan senior di tim Bhayangkara FC seperti Teuku Ichsan, Wahyu Suboseto, Alsan Sanda, Nurhidayat hingga Jajang Mulyana mampu menampilkan permainan terbaiknya dibawah arahan Simon.

1.Mental Petarung

Kepiawaian pelatih asal Skotlandia ini sudah ia tunjukkan kala meramu tim Bhayangkara FC sejak 2017 silam, padahal tim berjuluk The Guardian itu merupakan sebuah klub baru masuk di kompetisi Liga 1. Dalam dua musim ini, Simon McMenemey mampu menjaga eksistensi klub Bhayangkara FC di klasemen teratas Liga Indonesia.

Hal itu setidaknya menjadi bukti, bahwasanya pelatih ini memiliki mental petarung yang tinggi dan cukup disegani.

 

Komentar

komentar