STRIKER.ID – Mantan bintang Liga Premier Inggris yang pernah menyandang predikat pemain termahal di dunia, Asamoah Gyan dikabarkan tengah dirundung masalah finansial. eks Timnas Ghana itu dikabarkan mengalami kebangkrutan dan hanya memiliki uang 600 Pounsterling atau setara 11 juta rupiah dengan kurs saat ini.

Baca Juga

Padahal jika melihat kiprahnya dalam dunia sepak bola, predikat pemain bergaji mahal ia semat saat berusia 29 tahun saat dikontrak klub Liga China, Shaghai SIPG. Gyan meraup gaji 227.000 poundsterling per pekan atau setara 4,6 miliar rupiah menurut kurs saat itu.

Gaji Gyan saat itu sukses mengungguli para pemain top Liga Inggris seperti Sergio Aguero dan hanya selisih sekitar 63.000 Poundsterling dari bintang dunia, Christiano Ronaldo.

Takhanya tengah mengalami pahitnya jungkir balik kehidupan, Gyan juga mendapatkan masalah dengan klubnya. Dilansir dari BolaSport.com Gyan yang kini membela klub Turki, Kayserispor mengaku jika gajinya belum dibayar pihak klub.

Atas kondisi tersebut, anak dan istri Gyan pun sempat khawatir. Salah satu sumber dari keluarganya bahkan menyebutkan Gyan belum menghubungi anaknya dan istrinya sejak Agustus silam. Bahkan saat natal, Gyan tak berkunjung dan membuat anak-anaknya khawatir.

“Depan belakangku, atas bawah ku adalah uang itu (600 poundsterlin) kalian melihatnya disana,” ujar Gyan.

Sepintas tentang kiprah Gyan, sejak tidak lagi berkarier di Liga Inggris, pemain ini pernah dipinjamkan oleh Sunderland ke Al-Ain selama satu musim. Setelah membela salah satu klub di benua Asia tersebut, Gyan mulai mendapatkan kontrak permanen bersama klub asal Uni Emirat Arab ini. Kariernya terus berlanjut hingga 2015 kemarin.

Setelah meninggalkan Al-Ain, ia kembali malang melintang dan bermain di sejumlah klub seperti Shanghai SIPG, Al Ahli Dubai. Terhitung sejak tahun 2017 hingga saat ini, penyerang berpostur 186 cm ini masih tercatat sebagai anggota skuat dari klub profesional asal Turki, Kayserispor.

Tampaknya kepindahannya ke Liga Turki pada musim 2017 lalu bukanlan keputusan yang tepat karena karirnya sediki demi sedikir mulau runtuh.

Dan bisa saja Gyan memiliki peluang untuk membela klub Indonesia jika ada klub Liga 1 yang meminati jasanya. Saat ini, pemain yang sudah berusia 33 tahun itu memiliki harga kisaran 15 miliar rupiah.

Namun tampaknya harga tersebut bisa saja dilebur, karena diprediksi Gyan akan menurunkan market valuenya demi bisa menstabilkan kembali kehidupannya.

 

Komentar

komentar