STRIKER.ID – 2018 sudah ada di belakang kita, dan kini 2019 pun sudah kita jejak. Rupanya tahun 2019 juga menjadi babak baru dari sejumlah pemain Liga 1. Karena mereka sudah memutuskan bahwa kompetisi 2018 menjadi musim terakhir mereka berkarier sebagai pesepakbola.

Tentu saja, meninggalkan karier yang sudah belasan bahkan puluhan tahun dienyam bukan hal mudah. Namun harus dilakukan demi bisa menjaga regenerasi, serta meniti karier baru dalam sisi kehidupan.

Baca juga:

Tentu saja, hal ini juga meletupkan kesedihan di antara para pendukung dan fans setia mereka.

Lalu, siapa saja ya, pemain yang akhirnya memutuskan mundur dari kancah persepakbolaan alias pensiun di penghujung musim 2019 ini?

  1. Eka Ramdani (Persib)
sumber: sumberbola.com

Pesepakbola yang sempat jadi salah satu playmaker terbaik di Indonesia ini akhirnya memutuskan gantung sepatu pada usia 34 tahun. Memulai karier bersama Persib, Ebol sapaan akrab Eka pun mengakhiri perjalanan nya di sepakbola bersama klub berjuluk Maung Bandung tersebut. Musim 2018 menjadi musim terakhir bagi pemain dengan skill individu istimewa tersebut.

Eka memulai karier profesionalnya bersama Persib pada 2005, ia diorbitkan langsung dari Akademi klub asal Jawa Barat tersebut. Ia bergabung dengan Persib hingga 2011, sebelum akhirnya mencoba mencari pengalaman di tim – tim lain, seperti Persisam, PBR, Semen Padang, Sriwijaya FC, hingga terakhir di Persela. Sebelum akhirnya kembali ke pangkuan Persib, dan mengakhiri karier manisnya di sana.

2. Vladimir Vujovic (Bhayangkara FC)

Bek yang namanya melambung setelah lama menjadi bagian integral dari Persib Bandung ini, juga memutuskan untuk berhenti menjadi pemain selepas musim 2018. Vlado sapaan akrabnya punya karier yang indah di Indonesia selama empat tahun terakhir, sebelum memutuskan pensiun pada usia 36 tahun.

Sebelum semusim terakhir memutuskan membela Bhayangkara FC, Vlado merupakan salah satu ikon lini belakang Persib. Pemain asal Montenegro ini berrmain untuk Persib sejak 2014-2017.

Beruntungnya, melepas karier sebagai pemain, Vlado langsung mendapat tawaran untuk melatih tim Liga 2 Indonesia Bogor FC. Berbekal lisensi kepelatihan B UEFA yang dikantongi, pria dengan postur 191cm ini akan mencoba peruntungan sebagai seorang juru racik tim mulai 2019 ini.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar