photo: bola.net/Ivan Venko Kolev

STRIKER.ID– Pihak manajemen Persija Jakarta akhirnya berpisah dengan pelatih Stefano Cugurra, meski sudah memberikan gelar juara liga bagi tim Macan Kemayoran. Kabarnya Teco sapaan akrabnya memilih keluar dari tim ibukota itu untuk mencari tantangan baru dengan klub lain di Indonesia, dua klub elit tanah air yakni Bali United dan Madura United ditengara akan menjadi labuhan pelatih asal Brazil itu.

Di tengah problema kekosongan pelatih, manajemen Persija Jakarta kemudian bergerak cepat untuk mencari pengganti Teco, dan setelah beberapa hari ditunggu, pihak manajemen akhirnya bersepakat dengan sosok pelatih asal Bulgaria, yakni Ivan Venko Kolev.

Banyak publik bola bertanya tanya bagaimana kiprahnya di musim depan kala menangani tim Jawara Liga 1 musim 2018 itu nanti. Dan berikut beberapa data menarik tentang pelatih asal Bulgaria versi striker.id.

1.Pernah Tangani Timnas

Pelatih 61 tahun ini memiliki rekam jejak kepelatihan yang cukup tinggi di kawasan Asia Tenggara. Tak hanya klub, namun sekaliber tim nasional sudah pernah ia tangani. Ada timnas dari dua negara yang sudah pernah ia tangani, yakni timnas Indonesia dan Timnas Myanmar.

Untuk Timnas Myanmar sendiri, Kolev melakoninya di musim 2004 hingga 2005, dan untuk Timnas Indonesia, pelatih 61 tahun ini telah melatih sebanyak 2 kali yakni musim 2002 hingga 2004 dan di musim 2007.

Prestasi terbaik khususnya di timnas Indonesia adalah mampu membawa tim Garuda Jaya meraih runner- up di ajang turnamen Piala Tiger yang sekarang berganti nama Piala AFF. Sedangkan prestasi terbaik di Timnas Myanmar adalah mampu membawa Myanmar lolos ke putaran final Piala Asia di Beijing pada 2004 silam.

2.Pelatih Liga Teratas

Selama berkiprah di Indonesia, Ivan Kolev tak pernah melatih klub kasta kedua, sejak kehadirannya di Indonesia, Ia telah melatih beberapa klub elit tanah air. Beberapa klub yang pernah ia tangani adalah Persija Jakarta (1999), Mitra Kukar (2006 ), Persipura Jayapura (2007), Sriwijaya FC (2010/2011), dan PS Tira (2018). Sedangkan untuk klub di luar Indonesia, Kolev pernah menangani klub asal Myanmar yakni Yangoon United pada musim 2012/2013.

Dari beberapa klub yang ditanganinya itu, hanya Klub Persija Jakarta yang cukup diberinya prestasi yakni runner- up Liga Indonesia pada musim 2000.

3.Spesialis Tim Muda

Karir kepelatihan Ivan Kolev boleh dibilang cukup moncer untuk di kalangan usia muda. Timnas Bulgaria U-19, U-20 dan U-21 merupakan sederet tim yang seringkali ia tangani, hingga mantan pelatih Akademi Levski Sofia itu sukses bersama timnas Bulgaria U-19 hingga membuat namanya melambung.

4.Dua Kali Di Persija

Tawaran yang diajukan oleh manajemen Persija Jakarta, sepertinya tak perlu ia pikir lama lama, itu artinya Kolev akan menangani tim kebanggaan The Jakmania itu sebanyak dua kali. Mimpinya untuk bisa  membawa Persija kembali meraih juara Liga masih ada dalam benaknya.

Karena pada musim 1999-2000 ia hanya mampu membawa Persija meraih runner-up Liga Indonesia. Meski belum mampu meraih gelar juara, namun skuat Persija bentukannya selama satu musim itu mampu meraih gelar juara di musim berikutnya, namun kala itu pelatihnya adalah Sofyan Hadi.

 

Komentar

komentar