photo: Sekjen PSSI Ratu Tisha saat memantau laga Arema Vs Metro FC, Selasa (20/11/18)

STRIKER.ID– Babak 32 besar Piala Indonesia akhirnya telah resmi diundi, dan babak 32 besar tersebut akan di bagi menjadi dua zona, yakni zona barat dan zona timur.

Babak 32 besar Piala Indonesia sendiri akan mulai berlangsung pada 22 Januari hingga 6 Februari 2019 mendatang.

Regulasi ketat pun akan diterapkan pada perhelatan babak 32 besar Piala Indonesia. Salah satunya, mengenai klub yang mengundurkan diri atau bahkan tak mau menyelenggarakan pertandingan.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria menjelaskan setidaknya ada tiga sanksi yang diberikan kepada klub jika mereka mengundurkan diri atau tidak bisa menyelenggarakan pertandingan.

 “Ya sudah pastinya ini di 32 besar akan lebih ketatnya, di regulasinya juga akan ada, apabila ada pengunduran diri ataupun tidak menyelenggarakan dan lain sebagainya, akan ada sanksi tidak hanya berupa kalah, bisa juga berupa denda, bisa juga dinaikan ke komite disiplin apabila itu dinilai adanya unsur kesengajaan,” kata Tisha dilansir dari tribunnews.com.

Lebih lanjut Tisha mengatakan jika aturan tersebut diterapkan sebagai bentuk menghargai klub klub yang telah terhenti di babak sebelumnya karena mereka sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik.

“Jadi ini komitmen bagi klub-klub semua, dikarenakan kita harus menghargai langkah klub-klub yang telah terhenti di babak 128 dan 64 mereka tidak main-main dalam mempersiapkan itu. Alangkah baiknya sama-sama semua dan saya rasa klub-klub baik liga 1, liga 2 dan liga 3 yang lolos ke babak 32 besar mempersiapkan dengan baik,” kata sekjen 33 tahun itu.

Ratu Tisha juga mengatakan jika perhelatan Piala Indonesia musim 2018/2019 juga bisa digunakan oleh setiap klub untuk untuk memperbaiki kualitas klub. Karena dengan perbaikan tersebut, kemungkinan besar nantinya pihak AFC akan melakukan kunjungan untuk memantau perkembangan sepkabola Indonesia.

 “Bisa juga sebagai ajang seleksi klub-klub (Piala Indonesia). Nah dikarenakan piala indonesia ini edisi pertama setelah 7 tahun terakhir 2012, AFC juga mungkin akan melakukan kunjungan secara berkala,” pungkas Tisha.

Komentar

komentar