STRIKER.ID – Misteri dua punggawa asing pelengkap skuat Arema FC, akhirnya terungkap. Hampir bisa dipastikan, dua pemain tersebut adalah striker asal Brasil Roberto Lima Gladiador dan gelandang pekerja keras asal Uzbekistan Pavel Smolyachenko.

Meskipun belum menunjuk nama, namun memang manajer Arema FC Ruddy Widodo membenarkan bawa dua pemain asing tersebut berasal dari Brasil dan Uzbekistan. Serta keduanya belum pernah bermain di Indonesia.

Bahkan rencananya, dua pemain ini sudah akan bisa ikut dalam latihan perdana Arema di Stadion Gajayana pada Kamis (10/01) di Stadion Gajayana Malang.

Berdasarkan informasi dari internal Arema, dua pemain tersebut adalah penyerang berpostur tegap Roberto Lima Gladiador dan juga gelandang berpaspor Uzbekistan Pavel Smolyachenko.

“Memang yang penyerang dari Brasil dan juga gelandangnya asal Uzbekistan. Mereka berdua sekarang sudah tiba di Singapura. Bisa jadi memang benar namanya seperti yang ditanyakan teman – teman media tadi,” kata Ruddy.

Lalu siapa sebenarnya Smolyachenko dan Gladiador?

Berdasarkan penelusuran striker.id dari berbagai sumber Robert Lima Gladioador yang punya nama asli Roberto Lima Guimares. Ia adalah penyerang berusia 32 tahun dengan postur 180cm/81kg.

Perjalanan karier penyerang berjuluk Gladiador ini sejatinya lebih banyak dihabiskan di kampung halamannya Brasil. Soal bermain di Asia, Gladiador pernah bermain untuk tim kasta tertinggi Liga Arab Saudi Al Hazm dan terakhir bermain untuk klub Kuwait Al Shabab. Sebelum sempat bermain untuk tim Brasil Clube Esportivo de Bento, dan kini bersama Arema.

Yang menarik, pemain yang apik bermain dengan kedua kakinya ini, berhasil membawa Al Shabab juara Piala Liga musim 2018.

Dilansir dari transfermkrt.com, harga pasaran pemain dengan gaya rambut nyentrik ini berada di kisaran 100 ribu pounds (Rp1,8 miliar). Selain itu, tidak banyak catatan lain yang bisa didapat dari seorang Gladiador.

Video Robert Gladiador

Setelah Robert Gladiador, lalu bagaimana dengan Pavel Smolyachenko?

Smolyachenko adalah pemain berposisi gelandang multi posisi berusia 27 tahun. Ia diketahui terakhir bermain untuk klub kasta tertinggi Liga Uzbekistan Metalurg Bekabad pada musim 2018. Metalurg dihantarkannya pada posisi ke-5 dari 12 kontestan Superliga Uzbekistan.

Musim lalu, pemain dengan 1 caps bersama timnas Uzbekistan ini mencatatkan 20 penampilan dari 22 pekan Superliga Uzbekistan.

Sebelum bermain untuk Metalurg Smolyachenko juga pernah memperkuat klub ATM FA Malaysia pada musim 2016-2017. Sehingga ia sudah cukup berpengalaman dengan suasana sepakbola di Asia Tenggara.

harga pasaran Smolyachenko terpantau masih dua kali lipat dari Gladiador, yaitu di kisaran angka Rp 3,3 miliar.

Video penampilan Pavel Smolyachenko

 

Komentar

komentar