STRIKER.ID – PSM Makassar secara resmi resmi memperkenalkan pemain asing anyar mereka untuk musim 2019 kepada publik Makassar, Senin (14/1). Pemain asing yang resmi direkrut adalah mantan punggawa Real Madrid B, Eero Markkanen.

Baca Juga

Klub berjuluk Juku Eja itu merekrut Markkanen dengan durasi kontrak selama semusim. Pihak PSM berharap pemain rekomendasi dari pelatih Robert Rene Alberts, yang baru saja mengundurkan diri lantaran masalah kesehatan itu bisa mempertajam lini depan PSM.

“Kami merekrut dia (Eero Markkanen) karena kami membutuhkan pemain depan yang tajam,” ungkap Chief Executive Officer (CEO) PSM, Munafri Arifuddin, dilansir dari Goal.com

Lantas seperti apa kiprah Eero Markkanen sebelum merapa ke PSM Makassar?

Catatan Klub Yang Di Bela

Eero Markkanen merupakan pesepak bola asal Finlandia kelahiran 3 Juli 1991 yang berposisi sebagai penyerang dengan postur tubuh tinggi menjulang hingga 197 centimeter.

Dilansir dari Superball.id, karir sepak bola Markkanen dimulai di klub kota kelahirannya, JJK Jyvaskyla.

Selain itu, Eero Markkanen sempat membela tim-tim asal Finladia lainnya seperti JJK, Blackbird, ViPa, Warkaus JK, dan HJK antara tahun 2010 hingga 2013.

Setelah itu, Markkanen memutuskan untuk pimdah ke Liga Swedia dengan bergabung klub AIK musim 2014 lalu. Berkat penampilan apik diklub tersebut, tim raksasa Spanyol, Real Madrid, kemudian kepincut dan merekrutnya.

Musim 2014-2015, Eero Markkanen bermain di Real Madrid Castilla alias Real Madrid B yang berlaga di kasta ketiga Liga Spanyol. Di klub itu, Markkanen tampil dalam 10 laga.

Sayangnya, ia harus menerima kenyatan pahit ditendang dari klub usai jeda musim panas. Dikabarkan bahwa kelebihan berat badan menjadi alasn Real Madrid B melepasnya.

Kemudian ia memituskan kembali ke Finlandia untuk memperkuat RoPS sebelum kembali membela AIK untuk dua musim.

Eero Markkanen kemudian sempat membela Dynamo Dresden di kasta kedua Liga Jerman pada setengah awal musim 2017-2018.

Setelah itu ia hijrah ke Randers di Liga Denmark untuk paruh akhir musim itu.

Tahun 2018 lalu, Eero Markkanen membela Dalkurd yang berlaga di kasta teratas Liga Swedia. Bemain 12 kali, pemain berbobot 97 kilogram itu hanya mencetak satu gol dan klub yang ia bela harus terdegradasi dari kasta teratas.

Satu-satunya gelar yang pernah ia raih adalah juara Liga Finlandia bersama HJK pada musim 2013.

Catatan Karir Di Timnas Finlandia

Eero Markkanen selain melang-lang buana di beberapa klub berbagai negara, ia juga tercatat sempat membela Timnas Finlandia. Dilansir dari Superball.id, pemain 27 tahun itu sempat 16 kali berlaga bersama Timnas Finlandia.

Sayangnya, membela Real Madrid B justru membuat kiprahnya di Timnas semakin terpuruk. Ia tak pernah dipanggil sebelum kemudian kembali ke timnas Finlandia pada 2016 saat melawan Jerman dan Kosovo.

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018, Eero Markkanen bermain enam kali.

Sedangkan pada ajang UEFA Nations League 2018-2019, ia baru sekali bermain, tiga menit saat masuk sebagai pengganti pada laga kotnra Estonia, 12 Oktober 2018 lalu.

Dalam lima laga lainnya di babak grup UEFA Nations League, ia hanya duduk di bangku cadangan.

Dan kini Markkanen siap membela klub PSM Makassar yang merupakan klub pertamanya di negara Asia.

“Saya baru di Indonesia, saya mau menambah pengalaman di Asia. Saat penawaran datang saya langsung ke sini tanpa berpikir lama,” ujar Markkanen.

 

 

 

 

Komentar

komentar