STRIKER.ID – Fans Juventus sangat berharap agar pelatih Mssimiliano Allegri bisa membuat keajaiban dengan membalikkan keadaan kalah 2-0, pada laga leg kedua 16 besar Liga Champion di Allilaz Arena pada pekan ini.

Meskipun pada pertemuan pertama Massimiliano Allegri harus mengakui keunggulan rivalnya Diego Simeone, ketika pelatih asal Argentina tersebut memasukkan tiga pemain di babak kedua yang berhasil merubah kondisi, namun selama ini diketahui Allegri selalu menyimpan kejutan dan keajaiban.

“Jika saya ingin membuat sesuatu yang baru dan mengejutkan, pasti akan saya lakukan,” tegasnya.

Simak juga:

Selama ini, hanya ada sembilan tim yang mampu membalikkan keadaan deifisit dua gol di fase gugur Liga Champion. Salah satunya adalah Manchester United yang menggulingkan PSG 3-1 pada pekan lalu.
Delapan laga yang lain, selalu memihak kepada tuan rumah kedua. Hanya tiga tim yang mampu membalikkan keadaan di kandang lawan.
Tantangan Juventus dalam laga kandang menghadapi Atletico Madrid juga semakin berat, lantaran,  dalam laga kali ini Juve tidak bisa memainkan para bek terbaiknya. dua full back andalan mereka, Mattia De Sciglio dan Alex Sandro harus absen, karena cedera dan akumulasi kartu.
Kemudian Allegri juga harus bekerja keras untuk bisa kembali membangkitkan permainan bintang Cristiano Ronaldo yang pada beberapa laga terakhir gagal mencapai performa terbaiknya.

Bermain dengan tiga pemain belakang 

Salah satu kemungkinan yang akan dilakukan Allegri untuk mensiasati situasi ini adalah, dengan bermain dengan formasi tiga pemain belakang. Bisa jadi mantan pelatih AC Milan ini akan menurunkan Martin Caceres, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Mengantisipasi absennya dua wing back, Allegri kemungkinan besar akan memilih Joao Cancelo dan Federico Bernardeschi di dua sisi flank. Kemudian sebagai jendral lapangan tengah Miralem Pjanic akan jadi opsi terbaik, dibantu dengan Blaise Matuidi dan Emre Can untuk bisa menguasai lini sentral tersebut.

Sebagai ujung tombak, bisa jadi pilihan terbaik Allegri adalah Mario Mandzukic yang akan berduet dengan Ronaldo.

“Kemungkinan terbesar, kami akan memainkan tiga pemain belakang,” kata Allegri.

“Namun, kita perlu juga melihat kondisi di lapangan nanti, karena ada kemungkinan kami akan bermain selama 120 menit,” imbuhnya.

Formasi lain yang dimungkinkan dimainkan oleh Allegri, seperti diungkap beberapa media lokal Italia, adalah memainkan Caceres dan Cancelo sebagai bek sayap. Dengan Bonucci dan Chiellini sebagai stopper.

Sedangkan di tengah, Can, Pjanic dan Matuidi akan bermaim sebaga trio lini tengah. Ronaldo, Mandzukic dan Bernardeschi akan ditempatkan sebagai ujung tombak.

Namun, jika memang Allegri ingin memberikan tempat bagi Paulo Dybala dalam formasinya melawan Atletico Madrid, maka opsi terbaik bagi dirinya, adalah memainkan formasi 4-2-3-1, dengan menempatkan pemain Argentina tersebut sebagai second striker. Hanya saja pola ini membuat Miralem Pjanic harus duduk di bangku cadangan.

Dalam formasi ini, Can dan Matuidi akan dimainkan sebagai dua gelandang penahan bola, di depan pola pertahanan.

Dengan adanya Dybala sebagai playmaker dengan didamping Madzukic dan Bernardeschi di sisi nya, maka mereka akan bisa mendukung dengan penuh, serangan yang digalang Ronaldo sebagai ujung tombak tunggal.

Apapun formasi yang dimainkan, Allegri tampakya memang akan cukup mengandalkan Ronaldo sebagai kuci permainan. Karena kedatangan mantan bintang Real Madrid tersebut memang diharapkan bisa membawa semangat Liga Champion, yang sudah beberapa kali ia menangkan bersama El Real.

“Liga Champion memang selalu jadi target kami, namun suatu kesalahan, kalau saat ini anda mengatakan Juventus adalah tim gagal,” kata Allegri.

“Saya melihat pendapat tersebut sangat konyol. Karena ini hanyalah sepakbola. Jika kami nanti bisa melaju maka akan luar biasa. Namun jika kami gagal, maka kami akan mencoba lagi tahun depan,” pungkasnya.

Komentar

komentar