STRIKER.ID – Bek legendaris Manchester United Rio Ferdinand, menyakini bahwa efek Ole Gunnar Solksjaer akan memberikan dampak besar kepada kemunculan talenta – talenta muda baru, dibanding rival sekota mereka Manchester City.

Faktanya, memang sejak mundurnya Sir Alex Ferguson, banyak talenta muda dari seluruh dunia yang lebih memilih bergabung dengan akademi City dibandingkan United.

Namun, dengan keberadaan Solksjaer, Ferdinand percaya kondisi ini akan segera berubah. Karena manajer interim tersebut berhasil menciptakan sepakbola positif yang menyenangkan dan sangat enak ditonton.

Sehingga hal ini akan membuat banyak anak – anak dan orangtuanya lebih memilih United dibandingkan tim lain, seperti City sebagai tempat menimba ilmu sepakbola.

Simak juga:

Sejauh ini, Solksjaer memang sudah memberikan banyak kepercayaan kepada alumnus – alumnus akademi United di timnya. Seperti Marcus Rashford, Jesse Lingard dan Paul Pogba. Begitu juga beberapa pemain muda yang siap bersinar dan terus diberikan kesempatan, seperti Mason Greenwood dan Tahith Chong. Bahkan keduanya turut berperan dalam kemenangan dramatis 3-1 United atas PSG di Liga Champions.

Ferdinand melanjutkan, bahwa mantan pemain depan United di era 2000-an tersebut, berhasil mengembalikan karakter dan identitas permainan United yang sempat hilang beberapa musim terakhir.

Apalagi, menurutnya era Jose Mourinho, merupakan era kegelapan bagi pemain muda. Karena manajer asal Portugal tersebut, sama sekali tidak memberikan ruang bagi talenta – talenta muda United.

“Ketika berbicara pemain muda, anda tidak bisa sekedar menaikkan anak – anak U-23 ke tim utama atau cadangan, namunĀ  kita juga harus mulai merawat pemain sejak usia 13-14 tahun, yang selalu berangan – angan bermain untuk tim utama,” ucap Ferdinand seperti dikutip dari mirror.co.uk.

“Karena saya berargumen, bahwa untuk enam, tujuh tahun terakhir, semua anak – anak terbaik sudah pergi ke City. Namun jika saya menjadi orang tua di sekitar sini, maka akan mendaftarkan anak saya ke United. Karena di sini sekarang kondisi sudah sangat luar biasa,”

“Solksjaer bisa menang dari PSG dengan tiga remaja hebat di atas lapangan. Saat ini, kami adalah yang terbaik dalam mengembangkan bakat muda. Itu Fakta! Namun, anda perlu seseorang yang memahami anak muda dan tahu sejarah klub ini,”

“Ole Gunnar Solksjaer jelas tahu sejarah dari sepakbola di United, dan itulah yang dia bawa kepada para pemain muda. Kamu akan tahu, kalau mereka bagus atau tidak, dengan memberikan para pemuda itu peran di lapangan. Dan itu harus sepenuh hati,”

“Ya, dia memang sedikit memaksa mereka (karena cedera) untuk bermain, namun para pemain muda ini benar – benar semangat dan ingin membuktikan kualitas mereka. Bahwa sedikit ras sakit tidak akan membuat mereka berhenti bermain. Sebelum laga Solksjaer sama sekali tidak menyingungg tentang cedera, karena dia selalu mengembuskan aura positif yang membuat para pemain bersemangat,” beber Ferdinand.

Legenda Setan Merah lainnya Paul Scholes juga mengamini pernyataan Ferdinand. Ia merasa saat ini nuansa di United begitu positif, dan merasa dirinya merasa seperti dahulu ketika masih bermain.

“Ini adalah kali kedua, dalam beberapa pekan terakhir saya disini (markas United) auranya memang berbeda,” kata Ferdinand

“Sebelumnya dalam enam-tujuh tahun terakhir, saya merasa tidak nyaman dan tidak diterima ketika disini. Saya merasa ada level depresi yang besar. Namun sekarang sudah berubah, dan memang Solksjaer lah yang mampu membawa suasana tersebut. Saya pikir manajemen harus mulai memikirkan dia menjadi manajer sepenuhnya di sini,” tutup Ferdinand

Komentar

komentar