STRIKER.ID- Mantan manajer Liverpool Gerard Houllier mengungkap pernyataan menarik soal manajer Manchester City saat ini Pep Guardiola. Menurut  pria asal Prancis tersebut, Guardiola adalah sosok yang sangat terobsesi dengan kemenangan di atas segalannya.

Saat ini Guardiola sendiri masih memiliki peluang besar untuk bisa memenangi quadruple dalam tahun ketiganya berkarir di Liga Primer Inggris bersama Manchester City.

Baca juga:

Houllier menyebutkan bahwa, pelatih asal Catalan tersebut memang pantas disebut sebagai salah satu pelatih hebat di masa sekarang. Namun Houlier juga menambahkan:

“Obsesi sebenarnya dari seorang pelatih adalah kemenangan, bukan hal lain. Dan itulah yang dimiliki oleh seorang Pep Guardiola di atas segalannya, yaitu kemenangan,”

“Dia tidak akan pernah memperdulikan apapun selain kemenangan bagi timnya. Namun tentu saja kemenangan yang diraih dengan jalan fair play,” ucap Houllier, seperti dikutip dari Mirror.

“Gol dala tiap pertandingan selalu hadir dalam bentuk yang sama, kemenangan dan efisiensi jadi prinsip utama seorang Pep,”

“Pada awal Januari, dia memutuskan untuk bisa menekan penuh Liverpool yang ada di puncak klasemen. Dia melakukan itu, karena merupakan respon dari masalah di City,”

“Hari ini, dia adalah seseorang yang berhasil mencapai hal tersebut (menyalip Liverpool), tentu saya tidak ragu mengatakan dia adalah salah satu pelatih terbaik di dekade ini,” kata mantan pelatih berusia 71-tahun ini.

Jadi kandidat manajer terbaik sepanjang masa

Guardiola sudah berhasil membimbing timnya untuk bisa meraih satu trofi musim ini (Piala Liga), dan City masih berpeluang meraih tiga trofi lain (Liga Primer, Piala FA dan Liga Champions).

Guardiola sendiri, saat ini masuk dalam peringkat 10 besar dari 50 manajer sepakbola terbaik sepanjang masa, yang dirilis oleh majalah sepakbola terkenal ‘France Football’.

Saat ini mantan manajer Barcelona tersebut mendapatkan nilai tertinggi jika dibandingkan manajer lainnya asal Liga Inggris. Sementara untuk di peringkat teratas, ada nama mantan manajer legendaris asal Belanda Rinus Michels yang pernah menangani Ajax, Barcelona dan timnas Belanda.

Michels juga dikenal sebagai pencipta dari ‘Total Football’, salah satu filosofi permainan sepakbola yang selalu digunakan oleh Guardiola hingga saat ini.

Komentar

komentar