STRIKER.ID – Setelah musim yang buruk, dengan melihat Real Madrid gagal secara memalukan di 16 besar Liga Champions Eropa, dengan pergantian dua pelatih, maka masuknya kembali nama Zinedine Zidane, menjanjikan perubahan baru yang lebih positif.

Baca juga:

“Banyak hal akan berubah, apapun itu di Real Madrid, akmi perlu lakukan perubahan jika ingin kembali bangkit!” tegas Zidane, yang akhirnya kembali ke Santiago Bernebeu, setelah dibujuk Presiden Real Madrid Florentino Perez.

Dengan Barcelona yang hampir pasti mengamankan gelar Liga ketujuh mereka, dalam 10 tahun terakhir, Real memerlukan perubahan besar dan ekstrim, dan faktanya Zidane telah kembali dan siap untuk mewujudkan perubahan tersebut.

Berikut adalah 5 hal yang perlu dilakukan Zidane untuk membuat Real semakin kuat musim depan, seperti dilansir dari Mirror:

1. Merubah formasi reguler

 (Image: Europa Press via Getty Images)

Salah satu masalah terbesar Real Madrid musim ini, adalah bagaimana Santiago Solari menyusun skuat pemain inti.

Marcelo telah dicampakkan untuk memberikan tempat kepada Sergio Reguilon, Isco seperti hilang ditelan bumi, sedangkan Gareth Bale, Keylor Navas dan Casemiro hanya mendapatkan menit bermain yang buruk.

Sementara, aksi pertama Zidane setelah kembali bertugas, adalah mengembalikan pemain – pemain tersebut ke pos asli mereka. Hasilnya, Real bisa menang 2-0 atas Celta Vigo.

Memang tidak ada rencana untuk mempertahankan mereka semua musim depan, namun seperti seorang detektif yang mampu mengenali lokasi kejahatan dan mencari siapa pelakunya, Zidane pasti kini akan bekerja untuk mengalisa siapa yang harus bertahan dan siapa yang akan pergi.

Beberapa nama besar tampaknya harus siap angkat koper, salah satu yang berpotensi adalah Thibault Courtois, yang baru bergabung dari Chelsea semusim lalu.

 (Image: AFP/Getty Images)

Zidane sendiri berkali – kali memang menyebutkan bahwa dia tidak akan pernah menggantikan Keylor Navas.

Courtois sendiri tidak disukai oleh fans dari klub sebelumnya, Chelsea dan Atletico Madrid, telah mendapatkan waktu yang sulit di Real Madrid dan baru saja membuat blunder saat tampil bersama timnas Belgia di tengah pekan lalu.

Jika memang Zidane ingin kembali mematenkan Navas sebagai kiper utama, maka sangat tidak masuk akal jika Real tetap mempertahankan Courtois, karena itu akan memicu friksi di ruang ganti.

Isco adalah pemain yang dicintai oleh fans Real, khususnya dari Spanyol, namun bisa jadi setelah bertahun – tahun bermain kurang konsisten, maka waktunya Real dan Isco bisa mencari solusi untuk masa depan sang pemain.

Tapi, yang terpenting, tentu saja memikirkan tentang Gareth Bale, dan apa yang harus ia lakukan di masa mendatang.

Prev1 dari 5
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar