sumber: pikiran-rakyat.com

STRIKER.ID – Airlangga Sucipto, nama ini sangat akrab bagi pendukung setia Persib Bandung, Bobotoh, karena sudah jadi bagian dari Maung Bandung dalam tiga musim terakhir. Namun awal musim 2019, ia dilepas, dan kini sudah memiliki klub baru.

Masa keemasan Sucipto bersama Persib terjadi pada musim 2008-2013. Dimana dia sukses mencatatkan 18 gol dari 87 penampilannya. Setelah itu dia sempat berpetualang ke beberapa klub lain, seperti: Semen Padang dan Sriwijaya FC.

Baca juga:

Airlangga Sucipto kembali bergabung dengan Persib Bandung pada musim 2017. Awal bergabung dari Sriwijaya FC, pemain yang akrab disapa Ronggo ini bisa mencuri perhatian dan kerap menjadi supersub bagi Pangeran Biru.

Namun sejak dua musim terakhir, namanya pelan tapi pasti terus memudar di Persib Bandung. Pemain berusia 34-tahun tersebut terlihat kesulitan menembus tim utama Persib, khususnya dengan keberadaan Ezechiel N’Douassel yang tampil cukup dominan. Bahkan pada musim 2018, Ronggo hanya mengenyam enam penampilan, yang didominasi dari bangku cadangan.

Keberadaan pelatih baru di kubu Persib Miljan Radovic yang tampak ingin menyegarkan skuat Persib, membuat sejumlah pemain senior tersingkir di pra musim 2019. Termasuk juga Ronggo yang sudah tidak mendapatkan tempat lagi.

Namanya sempat menghilang dari pemberitaan bola nasional dalam beberapa bulan terakhir, kini Ronggo kembali muncul. Ia baru saja dikontrak oleh tim lamannya sebelum Persib, Sriwijaya FC yang kini tengah mempersiapkan diri untuk berjuang, dan mentas dari Liga 2.

sumber: tribunnews.com

Kebersamaan Ronggo dengan tim yang pernah dia bela pada periode 2015-2017 tersebut, disampaikan langsung oleh Petinggi SFC Hendri Zainuddin, pada Rabu (03/04). Melalui akun Instagram pribadinya, Hendri memastikan bahwa Ronggo sudah resmi kembali jadi bagian dari keluarga besar Laskar Wong Kito.

“Hari ini saya umumkan pemain baru lagi, dia adalah Airlangga Sucipto, alias Ronggo, semoga dia bisa bergabung besok (hari ini-red) latihan. Mudah – mudahan Ronggo bisa mewujudkan impian kita untuk naik ke Liga 1,” ucap Hendri dalam video di Instagram tersebut.

Pada masa keemasannya, Airlangga Sucipto dikenal sebagai pemain depan yang berbahaya dengan tembakannya yang akurat dan juga kecepatan driblingnya yang memusingkan pemain belakang lawan.

Ronggo mulai mencuri perhatian publik pada musim 2005, ketika ia masih tercatat sebagai pemain Deltras Sidoarjo. Penampilannya yang menjajikan itulah, yang membawanya berkostum Persib Bandung tiga tahun kemudian.

Selain di level klub, Ronggo juga kerap mengisi slot tim nasional Indonesia, mulai dari level kelompok umur (U-20), (U-23) hingga di level senior pada musim 2007-2008 lalu.

Komentar

komentar