STRIKER.ID – Kapten Arema FC Hamka Hamzah rupanya sudah mulai berbicara soal masa depannya. Pemain asal Makassar berusia 34 tahun tersebut tengah bersiap gantung sepatu bersama Singo Edan.

Kepada Striker.id, Hamka menuturkan dirinya akan bersedia untuk pensiun di akhir musim 2019, jika memang bisa sukses membawa Arema FC menjadi juara Liga 1 pada kompetisi tahun ini.

Baca juga:

Jika hal ini terwujud dan gantung sepatu, Hamka tidak akan begitu saja meninggalkan Arema. Namun ia ingin tetap bergabung dengan Singo Edan sebagai bagian dari tim pelatih. Apalagi, saat ini dirinya juga sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC.

“Saya siap untuk pensiun dan jadi penghuni bench (sebagai pemain cadangan/ asisten) musim depan di Arema, jika tahun ini bisa membawa Arema juara di Liga 1,” tegas Hamka.

Alasan Hamka sudah berencana meninggalkan arena pertandingan sebagai pemain, dipengaruhi dua faktor. Yang pertama, mantan pemain Timnas Indonesia ini sudah merasa bahwa kondisi fisiknya tidak maksimal bersaing dalam ketatnya jadwal liga di musim – musim mendatang. Yang kedua, karena Hamka ingin memberikan kesempatan kepada para pemain muda Arema agar bisa berkembang.

“Jujur secara fisik saya mulai merasa tidak mampu. Dan harus belajar menerima kenyataan, bahwa pilihan terbaik adalah mengundurkan diri dari lapangan hijau. Selain itu di Arema juga banyak pemain muda bertalenta yang posisinya sama dengan saya, inilah saatnya saya memberikan lebih banyak kesempatan bagi mereka untuk bisa berkembang,” kata Hamka.

“Musim depan, saya akan mulai mengundurkan diri dari posisi pemain inti. Saya akan belajar merasakan lagi bagaimana jadi pemain cadangan. Karena saya juga dahulu di PSM mengawali karier dari bangku cadangan, sehingga sekarang saya akan mulai membiasakan diri lagi di bangku cadangan,”

“Saya akan coba bantu mereka, dengan membimbing dari sisi asisten pelatih, kalau memang saya nanti sudah benar – benar pensiun,” pungkasnya.

Komentar

komentar