Mengenal Asuransi Perjalanan, Manfaat yang Diberikan dan Jenis-jenisnya

Jika Anda termasuk orang yang sering bepergian baik ke luar kota maupun luar negeri, tentu sudah sadar pentingnya memiliki asuransi perjalanan. Lewat asuransi ini, semua risiko yang bisa dialami selama perjalanan dapat diatasi sehingga tidak membuat kondisi finansial jadi berbahaya.

Salah satunya, jika mengalami kecelakaan atau kehilangan, maka biayanya akan ditanggung perusahaan asuransi. Begitu pentingnya fungsi asuransi perjalanan, maka Anda yang belum memilikinya bisa membeli produk satu ini di insurance marketplace lifepal.co.id.  

Mungkin masih terlintas di pikiran, jenis asuransi perjalanan apa saja? Jika masih kurang familiar, maka uraian berikut ini akan membantu Anda mencari jawabannya.

Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan merupakan  jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila terjadi risiko selama perjalanan berlangsung.

Seperti diketahui, ada banyak risiko bisa dialami mulai dari kecelakaan, pembatalan perjalanan, keterlambatan bagasi, dan risiko lain yang bisa merugikan nasabah selama dalam perjalanan.

Karena banyaknya risiko yang bisa mengakibatkan nasabah merugi, perusahaan asuransi menyediakan produk asuransi satu ini.

Lewat produk ini, para nasabah yang terdaftar akan mendapatkan jaminan perlindungan dari berbagai risiko yang sudah disebutkan.

Asuransi jenis ini bisa dibeli secara mandiri dan bisa juga didapatkan sekaligus saat memesan tiket.

Misalnya, tiket pesawat dan tiket kereta api, jika ada risiko penumpang secara otomatis mendapatkan perlindungan asuransi untuk perjalanan yang dilakukan. Jadi, jika dirasa sering bepergian bisa menimbang untuk punya asuransi ini secara mandiri.

Manfaat yang Diberikan

Memiliki asuransi yang melindungi perjalanan Anda sudah tentu memberikan manfaat yang sangat besar, di antaranya:

Baca Juga :  Kode Bank BSI + Kode Swift BSI Untuk Keperulan Transaksi Terbaru 2022

1. Kompensasi saat Kehilangan Bagasi

Dalam perjalanan, seperti naik pesawat biasanya penumpang akan menaruh barang bawaan berat di bagasi.

Bagasi ini tentunya dengan sistem dititipkan yang kemudian rawan hilang karena tertinggal, tertukar, dan lain-lain. Asuransi untuk perjalanan memberikan kompensasi untuk risiko ini.

2. Kompensasi Penundaan Perjalanan

Penundaan perjalanan bisa saja terjadi dan bisa disebabkan karena kerusakan pada armada, cuaca yang buruk, kerusuhan, dan lain-lain. Jika risiko ini terjadi pemilik asuransi perjalanantidak perlu gusar karena akan mendapatkan kompensasi.

3. Kompensasi Kehilangan Paspor

Perjalanan keluar negeri di sejumlah negara membutuhkan paspor sebagai dokumen wajib untuk keperluan administrasi.

Sayangnya, beberapa penumpang mengaku kehilangan paspor dan butuh waktu lama untuk mengurusnya. Sekaligus butuh biaya, maka asuransi untuk perjalanan memberi kompensasi untuk risiko satu ini.

4. Biaya Medis

Dalam perjalanan risiko mengalami kecelakaan cukup tinggi, apapun jenis moda transportasi yang digunakan.

Risiko kecelakaan membuat penumpang menjalani pengobatan di luar kota sampai luar negeri tergantung destinasi perjalanan. Biaya medis ini kemudian ditanggung oleh asuransi.

5. Biaya Perjalanan Darurat

Karena satu dan lain hal penumpang perlu melakukan perjalanan darurat untuk kembali ke tempat atau negara asal. Misalnya, ada keluarga yang jatuh sakit atau meninggal. Perjalanan darurat ini kemudian biayanya akan ditanggung oleh asuransi perjalanan.

6. Santunan Kematian dan Disabilitas

Jika nasabah yang melakukan perjalanan mengalami kecelakaan lalu meninggal atau mengalami disabilitas. Maka nasabah berhak mendapatkan santunan atas resiko tersebut, jika meninggal maka santunan diberikan kepada ahli waris.

7. Kompensasi Kerusuhan

Jika di wilayah atau negara tujuan kemudian mendadak ada kerusuhan dan terancam di sana. Maka nasabah yang memiliki asuransi untuk perjalanan yang dilakukan mendapatkan kompensasi kerusuhan.

Baca Juga :  Asuransi Mobil All Risk Vs TLO dan Perbedaan di Antara Keduanya

8. Biaya Hukum

Dalam perjalanan tidak tertutup kemungkinan nasabah akan melukai orang lain, karena menyebabkan orang lain terluka. Sehingga mendapatkan tuntutan hukum, biaya untuk mengatasi tuntutan ini aka ditanggung penyedia asuransi.

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Buat yang masih belum tahu apa saja jenis-jenis asuransi perjalanan, berikut ini adalah penjelasannya:

Asuransi Perjalanan Internasional

Untuk asuransi perjalanan internasional, setiap penumpang maskapai wajib punya asuransi ini bila ingin mengunjungi hampir semua negara di Eropa dan Jepang.

Asuransi perjalanan internasional yang dianggap sebagai dokumen wajib penerbangan disebut dengan nama Visa Schengen.

Perlindungan yang diberikan oleh produk asuransi ini lebih besar, termasuk perlindungan kehilangan paspor, keterlambatan dan kehilangan bagasi, delay penerbangan per 1 jam, dan hingga kerusuhan dan evakuasi medis di negara yang sedang dikunjungi.

Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi perjalanan domestik adalah asuransi yang khusus untuk melindungi perjalanan dalam negeri saja.

Mengingat Indonesia adalah negeri kepulauan, maka satu-satunya transportasi untuk menyebrang pulau paling nyaman adalah pesawat.

Asuransi perjalanan domestik sendiri bukan sebuah persyaratan wajib. Namun, sekarang semua penerbangan baik perjalanan domestik maupun internasional sudah dilengkapi dengan asuransi bawaan dari masing-masing maskapai.

Itulah asuransi perjalanan, manfaat yang diberikan dan jenis-jenisnya yang bisa dipilih. Semoga bermanfaat!