Cara Menghilangkan Status Online di WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, yang digunakan oleh jutaan orang untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja. Namun, ada saat-saat ketika Anda ingin bersifat lebih anonim atau hanya ingin berkomunikasi tanpa orang lain mengetahui kapan Anda online. Dalam artikel ini, Merapote.com akan membahas cara menghilangkan status online di WhatsApp.

1. Matikan “Terakhir Dilihat”

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi tingkat visibilitas Anda di WhatsApp adalah dengan mematikan fitur “Terakhir Dilihat.” Ini akan menghilangkan informasi terakhir kali Anda membuka WhatsApp dari tampilan status orang lain. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka WhatsApp di ponsel Anda.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu.
  • Pilih “Pengaturan” (Settings).
  • Pilih “Akun” (Account).
  • Pilih “Privasi” (Privacy).
  • Gulir ke bawah dan temukan opsi “Terakhir Dilihat” (Last Seen).
  • Pilih siapa yang dapat melihat info terakhir Anda dilihat (Semua orang, Kontak saya, atau Tidak ada).

Dengan memilih “Tidak ada,” orang lain tidak akan dapat melihat kapan terakhir kali Anda menggunakan WhatsApp.

2. Nonaktifkan Notifikasi Online

Untuk mengurangi kemungkinan orang melihat Anda online saat Anda membuka WhatsApp, Anda dapat mematikan notifikasi online atau status “online.” Namun, perlu diingat bahwa ini juga akan menyembunyikan status online Anda saat Anda benar-benar ingin berkomunikasi dengan seseorang. Untuk mematikan notifikasi online:

  • Buka WhatsApp.
  • Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Pilih “Pengaturan.”
  • Pilih “Pemberitahuan” (Notifications).
  • Cari opsi “Tampilkan Notifikasi” (Show Notifications) dan matikannya.

Setelah Anda mematikan notifikasi online, Anda tidak akan lagi tampil sebagai “online” ketika membuka WhatsApp.

3. Gunakan Mode Pesawat

Baca Juga :  Cara Menghapus Password di Windows 10 dengan Mudah dan Praktis!

Cara lain untuk menghilangkan status online di WhatsApp adalah dengan menggunakan mode pesawat saat Anda membuka WhatsApp. Ini akan memutuskan koneksi internet Anda saat membuka WhatsApp, sehingga WhatsApp tidak akan dapat menampilkan status “online” Anda kepada orang lain. Setelah selesai menggunakan WhatsApp, Anda dapat menonaktifkan mode pesawat dan mengembalikan koneksi internet Anda.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengatur status online Anda di WhatsApp. Aplikasi semacam ini memungkinkan Anda untuk menjalankan WhatsApp dalam mode “tersembunyi” sehingga Anda dapat melihat pesan tanpa muncul dalam daftar kontak online. Namun, penggunaan aplikasi pihak ketiga seperti ini mungkin melanggar kebijakan WhatsApp dan dapat menyebabkan akun Anda diblokir atau dihapus.

5. Aktifkan Mode “Do Not Disturb”

Jika ponsel Anda memiliki mode “Do Not Disturb” atau “Silent Mode,” Anda dapat mengaktifkannya saat menggunakan WhatsApp. Mode ini akan mematikan suara notifikasi sehingga orang lain tidak akan tahu kapan Anda menerima pesan baru atau membukanya.

Harap diingat bahwa menghilangkan status online di WhatsApp dapat mengurangi tingkat keterbukaan komunikasi Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya ingin melihat pesan tanpa muncul online, nonaktifkan notifikasi online dan gunakan mode pesawat sesekali. Jika Anda ingin meningkatkan privasi Anda secara keseluruhan, pertimbangkan untuk mematikan status “Terakhir Dilihat” dan membatasi siapa yang dapat melihat informasi terakhir Anda dilihat.