Daftar Aplikasi Translate Bahasa Indonesia ke Aksara Jawa

Bagi yang tinggal di Pulau Jawa, pastinya tidak asing dengan tulisan Hanacarakan. Ini adalah aksara jawa yang dikenal cukup sulit untuk dipelajari. Namun menurut www.tedieka.com, saat ini banyak tersedia aplikasi yang dapat memudahkan proses pembelajaran.

Dengan aplikasi yang dimaksud, saat ini kamu tidak perlu menghafal satu per satu aksara apa saja yang ada. Perlu diketahui, aksara jawa memiliki banyak jenis dan semuanya harus dipelajari. Ini disebabkan semuanya saling terhubung dan tidak bisa berdiri sendiri.

Seperti halnya huruf alfabet, aksara jawa juga memiliki vokal dan konsonan. Selain itu, ada juga jenis angka yang disebut dengan aksara wilangan. Semakin sulit ketika semua aksara tersebut bukan dalam bentuk huruf latin, melainkan lambang tertentu.

Lambang inilah yang nantinya sulit dihafalkan sehingga banyak orang yang menyerah mempelajarinya. Untungnya saat ini banyak tersedia aplikasi translate aksara jawa yang bisa didapatkan di Playstore. Semua aplikasi tersebut gratis, berikut sebagian yang kami anggap terbaik!

Aksara

Seperti yang dikatakan sebelumnya, semua aplikasi translate aksara tersedia gratis di Playstore. Demikian pula ketika kamu menggunakan Aksara yang dikembangkan oleh Kampoeng Stoedio. Sampai saat ini, aplikasi tersebut digunakan lebih dari 100 ribu pengguna Android.

Cukup banyak pastinya, mengingat ada banyak aplikasi sejenis. Tidak perlu ragu menggunakan aplikasi ini karena rating yang didapatkan sangat bagus, yakni 4,3 bintang. Kelebihan utamanya dari user interface yang sangat mudah dipahami, bahkan bagi pemula sekalipun.

Keyboard Aksara Jawa

Selanjutnya ada Keyboard Aksara Jawa yang merupakan aplikasi penting. Namun aplikasi ini tidak cocok bagi pemula, karena lebih disarankan bagi yang sudah mahir menulis dan memahami aksara jawa. Pasalnya, langsung dihadapkan dengan huruf carakan yang tergolong sulit dipahami.

Baca Juga :  Download YouTube Go Apk Tanpa Iklan Update Versi Terbaru 2022

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk aplikasi pesan online, misalnya Whatsapp atau Instagram. Menggunakan aplikasi ini memang sangat unik, karena kamu bisa berkreasi dan berkomunikasi dengan pengguna lainnya yang juga mahir memahami aksara jawa.

Belajar Lengkap Aksara Jawa

Persis seperti namanya, Belajar Lengkap Aksara Jawa menyediakan berbagai jenis aksara yang dapat dipelajari. Jenis yang dimaksud diantaranya adalah aksara murda, aksara wilangan, aksara rekan, dan pasangan serta sandangan.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga dilengkapi tanda baca nglegena. Untuk mempelajari semuanya memang tidak gampang, namun lambat laun dijamin bisa. Hal ini dikarenakan setiap menu memiliki user interface yang mudah dipahami. Selain itu juga ada tutorial yang disediakan pengembangnya.

Cukup sekian dari kami memberikan rekomendasi aplikasi translate aksara jawa terbaik. Sebagian aplikasi diatas bisa digunakan untuk Android dan iPhone. Namun sebagian lagi hanya bisa digunakan di perangkat Android saja, jadi silahkan disesuaikan dengan HP yang kamu gunakan saat ini.