Erick Thohir Dorong Klub Liga 1 Dukung Pemain Timnas

striker.id – Menjelang putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, perhatian terhadap persiapan Tim Nasional (Timnas) Indonesia semakin intens. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengemukakan harapan agar klub-klub Liga 1 memprioritaskan pemain timnas dalam susunan pemain mereka. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat skuad Garuda dalam menghadapi tantangan besar di kualifikasi yang akan datang.

” Baca Juga: Wakil Ketua MPR Dorong Konsisten Adaptasi Pendidikan Nasional “

Harapan Erick Thohir Terhadap Klub Liga 1

Erick Thohir, sebagai Ketua Umum PSSI, menekankan pentingnya memberikan prioritas kepada pemain Timnas Indonesia dalam susunan pemain klub-klub Liga 1. Hal ini menjadi semakin relevan mengingat Timnas Indonesia akan menghadapi ujian berat di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, di mana mereka akan bersaing di Grup C bersama tim-tim kuat seperti Jepang, Australia, Arab Saudi, China, dan Bahrain. Grup ini terdiri dari negara-negara yang secara konsisten tampil di Piala Dunia, sehingga menambah berat tantangan bagi Indonesia.

Thohir menggarisbawahi bahwa menit bermain bagi para pemain timnas di klub sangatlah penting. Pemain yang aktif bermain di level klub akan memiliki mental bertanding yang lebih baik dan terjaga performanya di lapangan. Oleh karena itu, ia berharap klub-klub Liga 1 dapat memberikan kesempatan bermain yang cukup bagi pemain-pemain yang merupakan bagian dari Timnas Indonesia.

Dalam pernyataannya, Thohir juga mengingatkan bahwa PSSI dan PT Liga Indonesia Baru telah memberikan fleksibilitas kepada klub untuk mengontrak hingga delapan pemain asing, di mana enam pemain dapat bermain dan dua pemain lainnya menjadi cadangan. Kebijakan ini dirancang untuk meningkatkan daya saing klub di kompetisi lokal, namun Thohir mengingatkan agar klub tidak mengorbankan kesempatan bermain bagi pemain timnas. Ia menekankan pentingnya memprioritaskan pemain timnas untuk meningkatkan kualitas skuad nasional secara keseluruhan.

Baca Juga :  Revans Kemenangan Dejan/Glo atas Ye/Lee

Persiapan Menuju Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dalam persiapan menuju putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Erick Thohir berkomitmen untuk membentuk tim terbaik yang akan berjuang di kualifikasi. Thohir memberikan sinyal bahwa ia akan mengundang pemain-pemain keturunan Indonesia yang memiliki potensi untuk memperkuat Timnas Garuda. Beberapa nama seperti Maarten Paes, yang sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Namun masih terkendala aturan FIFA, serta pemain lain seperti Ole Romeny, Kevin Diks, dan Mees Hilgers. Disebut-sebut akan mengikuti proses naturalisasi untuk memperkuat tim nasional.

Thohir juga menegaskan bahwa mereka akan memanggil pemain-pemain terbaik yang memiliki kebanggaan untuk membela Indonesia di arena internasional. Ia berharap bahwa empat hari sebelum pertandingan kualifikasi, semua pemain sudah bisa bergabung dengan tim. Sehingga pelatih dan pemain memiliki waktu lebih banyak untuk persiapan. Thohir menekankan pentingnya persiapan yang matang untuk menghadapi kesempatan besar ini, dengan harapan Indonesia dapat tampil kompetitif di putaran kualifikasi.

” Baca Juga: IHSG Kembali ke Level 7.000 “

Sejarah dan Harapan Indonesia di Kualifikasi

Indonesia dan Bahrain adalah dua tim di Grup C yang belum pernah tampil di Piala Dunia. Meskipun Indonesia pernah berpartisipasi di Piala Dunia 1938, namun saat itu masih menggunakan nama Hindia Belanda, sebelum Indonesia merdeka dan menjadi negara berdaulat. Kesempatan ini menjadi momen penting bagi Indonesia untuk kembali mencoba meraih tiket ke Piala Dunia dan mencatatkan sejarah baru.

Thohir menggarisbawahi pentingnya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk klub-klub Liga 1, untuk mendukung upaya ini. Dengan memberikan prioritas kepada pemain timnas di level klub. Diharapkan para pemain dapat terus berkembang dan siap menghadapi tantangan di kualifikasi. Persiapan yang baik dan dukungan penuh dari semua pihak akan menjadi kunci. Dalam meraih hasil terbaik bagi Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026.

Baca Juga :  Italia Siap Berjuang Keras untuk Kalahkan Spanyol di Euro 2024