Kemacetan Parah di Tanjung Priok Akibat Kebakaran Kontainer

Striker.id – Lalu lintas di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengalami kemacetan total pada Selasa pagi, 14 Mei 2024. Akibat kebakaran yang terjadi di New Priok Container Terminal One (NPCT 1). Aiptu Ahmad dari unit lalu lintas Koja mengonfirmasi bahwa kemacetan ini disebabkan oleh kebakaran kontainer di NPCT 1 yang mempengaruhi operasi gate terminal. “Hari ini lebih parah lagi kemacetannya karena ada kontainer terbakar di NPCT 1, sehingga dampaknya luas. Gate NPCT tidak bisa beroperasi, menyebabkan kontainer yang ingin masuk harus antre,” ujar Ahmad kepada Kompas.com pada Rabu, 8 Mei 2024.

” Baca Juga: DPR Segera Sahkan Revisi UU Mahkamah Konstitusi “

Beberapa titik jalan yang mengalami kemacetan total antara lain adalah sepanjang Jalan Yos Sudarso menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Dari Pelabuhan Tanjung Priok ke arah Cilincing, dan pertigaan Cilincing menuju Tanjung Priok. Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 1.00 WIB dini hari dan berhasil dipadamkan sekitar pukul 4.00 WIB. Namun, kebakaran tersebut merusak gate kontainer di NPCT 1 sehingga menyebabkan kontainer yang ingin masuk menumpuk di depan jalan hingga dua jalur.

Ahmad menambahkan, “Mobil kontainer yang ingin masuk menumpuk di depan NPCT 1, menyebabkan antrean dua jalur dan dampaknya meluas.” Hingga berita ini ditayangkan, perbaikan gate NPCT 1 belum selesai, mengakibatkan antrean kontainer semakin panjang di jalan, ditambah volume kendaraan yang meningkat di jam kerja.

Upaya Penguraian Kemacetan oleh Satlantas Polres Jakarta Utara

Untuk mengurai kemacetan, jajaran Satlantas Polres Jakarta Utara berusaha mengatur lalu lintas di beberapa titik yang terkena dampak. Ahmad menjelaskan, “Anggota Lantas Satuan Wilayah Utara sudah berupaya mengurai kemacetan agar tidak stuck. Terutama di Putaran Bogasari, Pos 9 Pelabuhan, Pos 8 Mambo, Pos 7 Permai depan Polres Jakarta Utara, dan Plumpang.” Upaya ini dilakukan untuk memastikan bahwa lalu lintas tetap bergerak dan tidak terhenti total meskipun menghadapi situasi yang sulit akibat kerusakan di gate NPCT 1.

Baca Juga :  Indonesia dan Peluang Pengembangan Drone Berbasis AI

” Baca Juga: Huawei Watch Fit 3 Diperkenalkan: Harga Masih Menjadi Misteri “

Dengan adanya pengaturan lalu lintas di beberapa titik strategis. Diharapkan kemacetan bisa sedikit terurai meskipun kondisi di lapangan masih sangat padat. Pengemudi dan pengguna jalan diharapkan bisa bersabar dan mengikuti arahan dari petugas lalu lintas untuk mengurangi dampak kemacetan yang terjadi. Hingga saat ini, perbaikan gate NPCT 1 masih berlangsung dan diharapkan segera selesai untuk mengembalikan kelancaran operasional di terminal tersebut.