Kemenperin Panggil Manajemen PT Sepatu Bata

Striker.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana memanggil manajemen PT Sepatu Bata Tbk (BATA) dalam waktu dekat. Menyusul keputusan perusahaan untuk menutup pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat, per 30 April 2024. Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif, mengonfirmasi hal ini di Jakarta pada Senin (6/5/2024), namun belum merinci tanggal pasti pemanggilan.

” Baca Juga: Temuan Tragis Kasus Kematian Sampir Setiawan “

Alasan Penutupan Pabrik

Febri menjelaskan bahwa sebagian besar bisnis Bata terkait dengan ritel, dengan sebagian besar produk ritelnya diisi oleh produk impor. Meskipun Bata memiliki manufaktur sepatu, namun produksi tersebut hanya sebagian kecil dan bahan bakunya juga berasal dari impor.

Dampak Kebijakan Lartas

Pemerintah Indonesia telah menerapkan kebijakan larangan dan pembatasan (lartas) untuk alas kaki. Dengan harapan industri alas kaki nasional dapat memanfaatkannya untuk membangun pabrik di dalam negeri. Kebijakan ini diharapkan dapat mendorong investasi di sektor industri yang terkena dampak lartas, termasuk industri alas kaki.

Saran dari Kemenperin

Dalam pemanggilannya nanti, Kemenperin berencana memberikan saran kepada manajemen Bata untuk memperkuat pabriknya di Indonesia. Mereka juga akan menyarankan agar Bata membangun pabrik di Indonesia guna mengendalikan produk impor.

Keterbatasan Kemenperin

Meskipun Kemenperin akan memberikan saran dan rekomendasi kepada Bata. Namun mereka menyadari bahwa keputusan penutupan pabrik merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan. Sebagai regulator, Kemenperin memiliki keterbatasan dalam hal ini dan tidak dapat melakukan banyak hal jika keputusan tersebut sudah merupakan bagian dari strategi bisnis perusahaan.

Harapan Kebijakan Lartas

Kebijakan larangan dan pembatasan (lartas) diharapkan dapat memberikan pengaruh positif terhadap produk akhir (end product) dalam negeri, meskipun belum berdampak pada bahan baku. Kemenperin berharap bahwa kebijakan ini dapat mendorong industri dalam negeri untuk lebih mandiri dan berkembang.

Baca Juga :  Kode Undangan Snack Video 878 539 866, Untuk Dapatkan Rp. 200ribu

” Baca Juga: Pembelajaran Berbasis Bermain dalam Pendidikan Anak Usia Dini “

Kesimpulan

Pemanggilan manajemen Bata oleh Kemenperin menjadi langkah awal dalam mengevaluasi dampak dari keputusan penutupan pabrik tersebut. Dengan memberikan saran dan rekomendasi, Kemenperin berharap dapat membantu Bata untuk memperkuat investasinya di dalam negeri, sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mendorong industri nasional.