Panahan Indonesia Raih Tambahan Tiket ke Olimpiade 2024

striker.id – Indonesia kembali mencatatkan prestasi gemilang di arena internasional melalui cabang olahraga panahan. Keberhasilan ini ditandai dengan tambahan tiket ke Olimpiade Paris 2024, yang diraih melalui nomor beregu. Perolehan tiket ini menjadi momen penting bagi dunia olahraga Indonesia, khususnya di cabang panahan, yang menunjukkan peningkatan prestasi signifikan di kancah internasional.

” Baca Juga: Kebakaran Minimarket Depok, Rugi Rp 300 Juta “

Panahan Tambah Tiket ke Olimpiade Paris

Pada turnamen seri ketiga Piala Dunia Panahan yang berlangsung di Antalya, Turki, Indonesia berhasil mendapatkan tiket tambahan untuk Olimpiade Paris 2024 di nomor tim recurve. Abdul Razak, Wakil Ketua Umum II bidang Pembinaan dan Prestasi PB Perpani, mengonfirmasi keberhasilan ini. Turnamen yang berlangsung dari 18 hingga 23 Juni tersebut merupakan kesempatan terakhir bagi atlet panahan Indonesia untuk meraih tambahan tiket menuju Olimpiade Paris pada Juli mendatang.

Melalui perjuangan keras dan strategi yang matang, tim panahan Indonesia berhasil lolos di nomor tim putri. “Alhamdulillah, kami mendapatkan tiket tambahan dengan lolosnya nomor tim putri,” kata Abdul Razak dalam keterangan yang diberikan pada Kamis, 20 Juni 2024. Dengan tambahan tiket ini, Indonesia akan berkompetisi di empat nomor pada Olimpiade, yaitu tim recurve putri, perorangan recurve putri, perorangan recurve putra, dan tim campuran.

Proses Lolosnya Tim Panahan Indonesia

Abdul Razak, yang mendampingi langsung para atlet di Antalya, menjelaskan bahwa tiket tersebut diraih setelah pesaing terkuat Indonesia. Yaitu Italia dan Jepang, gagal mencapai posisi finalis dan juara di turnamen tersebut. Berdasarkan informasi dari laman World Archery, Italia kalah dari Jepang di babak perempat final. Sementara Jepang dikalahkan oleh Korea di babak semifinal. Kedua negara tersebut merupakan pesaing utama yang berpeluang menggeser posisi Indonesia di peringkat dunia.

Baca Juga :  Thomas Mueller Sambut Kompany Gabung Bayern Munich

Dengan posisi Indonesia yang berada di peringkat sembilan dunia dengan 179.5 poin, di bawah India yang memiliki 185 poin. Indonesia berpeluang besar mendapatkan tiket ke Olimpiade. Sementara itu, Italia berada di peringkat 13 dunia dengan 150 poin, dan Jepang di peringkat 17 dunia dengan 137 poin. “Jatah kuota peringkat 1-7 sudah lolos semua, sehingga kuota diberikan kepada peringkat 8 dan 9, yaitu Indonesia dan India. Makanya kita bisa dapat di Antalya,” jelas Abdul Razak.

Meskipun Indonesia sempat kalah dari Italia di babak pertama, peringkat dunia Indonesia cukup tinggi untuk tetap lolos. Italia harus mencapai final, sementara Jepang harus menjadi juara di Antalya untuk menggeser posisi Indonesia. Namun, kedua negara ini gagal mencapai target tersebut, sehingga Indonesia berhasil mengamankan tiket tambahan ke Olimpiade.

” Baca Juga: Suri Cruise: Kelulusan hingga Perkuliahan “

Tambahan Atlet dan Cabang Olahraga di Olimpiade

Keberhasilan di Antalya ini menambah jumlah atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 menjadi 23 orang. Tambahan atlet dari cabang panahan ini meliputi Syifa Nurafifah Kamal dan Rezza Octavia. Sebelumnya, panahan Indonesia sudah memastikan tiket melalui Diananda Choirunisa untuk nomor perorangan recurve putri dan Arif Dwi Pangestu untuk nomor perorangan recurve putra.

Selain panahan, Indonesia juga telah memastikan partisipasi atlet dari berbagai cabang olahraga lainnya di Olimpiade Paris 2024. Cabang olahraga tersebut meliputi surfing, rowing, angkat besi, bulutangkis, balap sepeda, senam, menembak, dan panjat tebing. Dengan total 23 atlet yang siap bertanding, Indonesia berupaya untuk meraih prestasi terbaik di ajang olahraga terbesar dunia ini.