Pembagian Daging Kurban di Masjid Sunda Kelapa

Striker.id – Masjid Sunda Kelapa akan membagikan 4.000 kantong daging kurban pada Senin, 17 Juni 2024. Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa sekaligus Ketua Panitia Idul Adha 1445 H, Pudji Astuti, menjelaskan bahwa sebanyak 31 ekor kambing dan 13 sapi kurban akan disembelih di masjid tersebut. “Dengan 31 ekor kambing dan 13 sapi yang disembelih, perkiraan kami bisa menghasilkan sekitar 4.000 kantong daging,” ujar Tuti saat ditemui oleh Kompas.com di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Senin.

” Baca Juga: Proyeksi Beban Puncak Listrik saat Idul Adha oleh PT PLN “

Sumber Hewan Kurban

Menurut Tuti, tahun ini warga yang berkurban tidak hanya berasal dari Menteng, tetapi juga dari berbagai daerah lain yang sering beribadah di masjid tersebut. Beberapa tokoh ternama juga menitipkan hewan kurban untuk disembelih di Masjid Sunda Kelapa, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarno Putri, Wali Kota Jakarta Pusat, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan pengusaha Chairul Tanjung. “Kami menerima titipan hewan kurban dari berbagai pihak. Misalnya, Pak Wapres mengirimkan seekor sapi seberat 900 kilogram untuk kami sembelih,” tambah Tuti. Ia menambahkan bahwa tokoh-tokoh tersebut berpartisipasi dengan mengirimkan hewan kurban yang kemudian disembelih dengan biaya sendiri di masjid tersebut.

Prioritas Pembagian Daging Kurban

Pembagian daging kurban ini akan diprioritaskan kepada beberapa pihak, yakni internal masjid, warga sekitar masjid, dan kaum dhuafa. Selain itu, beberapa yayasan yang telah mengirimkan proposal dan dinyatakan layak menerima daging kurban juga akan mendapatkan bagian. “Proposal-proposal tersebut sudah kami survei untuk memastikan bahwa penerimanya adalah pihak yang benar-benar berhak,” kata Tuti. Dengan demikian, pembagian daging kurban dapat tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang memang membutuhkannya.

Baca Juga :  Jadwal dan Venue Piala AFF U-16 2024

” Baca Juga: Indonesia dan Finlandia Kompak dalam Ekonomi & Pendidikan “

Jadwal Pembagian Daging Kurban

Pembagian daging kurban di Masjid Sunda Kelapa dijadwalkan mulai pukul 14.00 WIB. Daging kurban akan dibagikan oleh perwakilan pihak yang sudah mendapatkan konfirmasi dari pengurus masjid setelah pemotongan hewan kurban selesai. Proses pembagian ini diharapkan dapat berjalan lancar dan tepat sasaran, sehingga daging kurban bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Masjid Sunda Kelapa untuk memastikan bahwa momen Idul Adha dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.