Pilihan Karier yang Menjanjikan di Jurusan Sistem Informasi

striker.id – Jurusan Sistem Informasi merupakan pilihan yang menarik bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan penggabungan antara ilmu komputer dan manajemen bisnis. Fokus utamanya adalah pada perancangan, pengembangan, dan implementasi sistem informasi dalam suatu organisasi. Dalam kurikulumnya, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek, mulai dari prinsip manajemen, administrasi bisnis, hingga digital marketing, serta bagaimana mengidentifikasi kebutuhan perusahaan dan merancang solusi yang efektif.

” Baca Juga: Ketidakpastian di Balik Foto Justin Bieber yang Menangis “

Keunggulan Jurusan Sistem Informasi

Keunggulan utama dari jurusan ini adalah kesederhanaannya dibandingkan dengan jurusan teknik informatika. Meskipun bobot mata kuliahnya tidak mendetail tentang komputer, mahasiswa tetap memiliki pemahaman yang baik tentang pemrograman. Selain itu, keunikan jurusan ini terletak pada penggabungan ilmu komputasi dengan manajemen dan bisnis. Sehingga mahasiswa memiliki keunggulan dalam memecahkan masalah dan analisis bisnis.

Prospek Karier Lulusan Sistem Informasi

Pengembangan Perangkat Lunak: Lulusan sistem informasi sangat dibutuhkan dalam pengembangan perangkat lunak untuk memudahkan berbagai proses bisnis perusahaan. Mereka dapat membantu dalam pembuatan, pengembangan, dan pengujian program perangkat lunak komputer. Proyeksi gaji software developer tahun 2024 di Indonesia berkisar antara Rp 6-39 juta per bulan.

Data Scientist: Dalam era digital ini, permintaan akan analisis dan pengolahan data besar semakin meningkat. Lulusan sistem informasi dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan membantu perusahaan mengidentifikasi faktor atau algoritma yang mempengaruhi hasil yang diprediksi. Proyeksi gaji data scientist tahun 2024 di Indonesia berkisar antara Rp 8,5-11,5 juta per bulan.

UX Designer: Mahasiswa lulusan sistem informasi juga dapat terjun sebagai UX designer. Memadukan pengetahuan tentang pengembangan sistem informasi dengan kebutuhan pengguna dan analisis masalah bisnis. Dengan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, proyeksi gaji UX designer tahun 2024 di Indonesia berkisar antara Rp 18-28,5 juta per bulan.

Baca Juga :  Cara Membuat Dua Akun di GB WhatsApp

” Baca Juga: Trik Sederhana untuk Mengelola Jadwal Anda “

Jurusan Sistem Informasi menawarkan peluang karier yang beragam dan menjanjikan bagi para lulusannya. Dengan pemahaman yang kuat tentang teknologi informasi dan bisnis, mereka siap untuk menjadi kontributor yang berharga dalam dunia kerja yang semakin terdigitalisasi.