Pusat Data Nasional (PDN) Di Bali Mengalami Gangguan

Striker.id – Bali tentu merasakan dampak signifikan ketika Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan. Tempat Pemeriksa Imigrasi (TPI) Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Masih menerapkan kombinasi layanan manual dan digital untuk memastikan kelancaran proses imigrasi di tengah pemulihan sistem PDN. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Pramella Y Pasaribu, menyatakan bahwa meskipun sistem sedang dalam pemulihan. TPI Ngurah Rai tetap mampu memberikan layanan imigrasi yang memadai melalui kombinasi ini.

” Baca Juga: Dorongan Kemenhub Penetapan Gaji Pokok Minimum Awak Kapal “

Dampak Gangguan PDN

Gangguan pada PDN yang terjadi sejak Kamis, 20 Juni 2024, telah menyebabkan hambatan pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia. Akibatnya, berbagai layanan seperti pengurusan paspor, visa, izin tinggal, dan perlintasan menjadi terganggu. Hal ini tentu berdampak pada banyak aspek, termasuk kelancaran pergerakan penumpang di bandara. Pramella Y Pasaribu mengungkapkan bahwa sebagian besar layanan keimigrasian di TPI Ngurah Rai mulai kembali beroperasi per hari ini. Dengan layanan melalui autogate yang juga berangsur pulih.

Tindakan Pencegahan dan Pemulihan

Untuk menghindari antrean panjang, petugas imigrasi di TPI Ngurah Rai tetap siaga agar proses pemeriksaan keimigrasian dapat berjalan lancar. Pramella menegaskan bahwa pihaknya terus berupaya memulihkan sistem keimigrasian secara menyeluruh. Sebelumnya, Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim, menjelaskan bahwa upaya pemulihan aplikasi dan data sedang dilakukan dengan memanfaatkan data cadangan PDN di Batam. Untuk mengantisipasi keterlambatan proses pemeriksaan, penumpang dianjurkan datang lebih awal ke bandara.

Selain itu, masyarakat yang telah dijadwalkan untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor di kantor imigrasi tetap dilayani seperti biasa. Namun, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan kembali beroperasi setelah sistem normal. Keadaan ini menunjukkan pentingnya keberlanjutan dan kesiapan sistem cadangan dalam menghadapi gangguan pada sistem utama.

Baca Juga :  Kemenperin Panggil Manajemen PT Sepatu Bata

Pentingnya Pusat Data Nasional

PDN tidak hanya diperuntukkan bagi Direktorat Jenderal Imigrasi tetapi juga menjadi pusat penyimpanan dan pengelolaan data bagi seluruh instansi pemerintahan di Indonesia. Gangguan pada PDN menunjukkan betapa krusialnya peran pusat data ini dalam operasional berbagai layanan pemerintah. Kejadian ini juga menyoroti kebutuhan akan sistem cadangan yang efektif dan prosedur pemulihan yang cepat untuk meminimalisir dampak gangguan terhadap layanan publik.

” Baca Juga: Airlangga Usulkan Keterwakilan Wanita KPPG Jadi Menteri “

Kesimpulan

Gangguan pada PDN memberikan tantangan besar bagi layanan keimigrasian di seluruh Indonesia, termasuk di Bali. Namun, dengan penerapan kombinasi layanan manual dan digital, serta upaya pemulihan yang cepat. TPI Ngurah Rai mampu menjaga kelancaran layanan bagi penumpang. Pentingnya PDN dalam sistem pemerintahan dan perlunya kesiapan untuk menghadapi gangguan serupa di masa depan menjadi pelajaran berharga dari kejadian ini. Upaya berkelanjutan untuk memperkuat infrastruktur digital dan memastikan adanya sistem cadangan yang andal sangat penting untuk menjaga keberlanjutan layanan publik di Indonesia.