Syarat Pengajuan BRI KUR 2023 dan Cara Daftarnya

BRI Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program kredit yang disediakan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk membantu pengusaha kecil dan menengah (UKM) dalam mengembangkan bisnisnya. KUR ini memberikan akses mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga rendah dan jangka waktu yang fleksibel.

Namun, sebelum mengajukan KUR, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut adalah syarat pinjam uang BRI KUR 2023.

Persyaratan Pengajuan BRI KUR 2023

  1. Identitas diri yang lengkap: Calon peminjam harus memiliki identitas diri yang lengkap seperti KTP, NPWP, dan kartu keluarga (KK).
  2. Usaha yang terdaftar Calon peminjam harus memiliki usaha yang terdaftar dan beroperasi secara resmi.
  3. Memiliki rekening bank BRI: Calon peminjam harus memiliki rekening bank BRI yang aktif.
  4. Memiliki jaminan atau agunan: Calon peminjam harus memiliki jaminan atau agunan yang dapat dijadikan sebagai jaminan atas pinjaman. Jaminan atau agunan yang diterima oleh BRI antara lain adalah kendaraan bermotor, tanah, atau bangunan.
  5. Memiliki usaha yang produktif: Calon peminjam harus memiliki usaha yang produktif dan dapat menghasilkan pendapatan yang stabil.
  6. Memiliki kemampuan membayar cicilan pinjaman: Calon peminjam harus memiliki kemampuan untuk membayar cicilan pinjaman sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

Cara Pengajuan BRI KUR 2023

Persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan

Calon peminjam harus menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, NPWP, kartu keluarga, rekening koran, dan dokumen-dokumen lain yang diminta oleh BRI.

Ajukan permohonan KUR

Calon peminjam dapat mengajukan permohonan KUR secara online melalui website BRI atau datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat.

Baca Juga :  Transfer Poin Telkomsel ke Nomor Lain, Masih Bisa?

Lakukan pengajuan KUR

Pada saat mengajukan KUR, calon peminjam harus mengisi formulir pengajuan dan melampirkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Selain itu, calon peminjam juga harus memberikan informasi tentang usaha yang akan dijalankan dan penggunaan dana pinjaman.

Tunggu proses persetujuan

Setelah mengajukan KUR, calon peminjam harus menunggu proses persetujuan dari BRI. Proses persetujuan ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kebijakan BRI.

Tanda tangan perjanjian pinjaman

Jika permohonan KUR disetujui, calon peminjam akan dihubungi oleh BRI untuk melakukan tanda tangan perjanjian pinjaman. Pada saat ini, calon peminjam juga akan diberikan informasi mengenai bunga dan jangka waktu pinjaman.