STRIKER.ID – Cules adalah sebutan untuk sekelompok suporter atau fans yang mengidolakan  Barcelona. Namun tahukan anda bahwa kata Cules juga bermakna (maaf)pantat pada bahasa Catalan? Ternyata sejarah panjang dan unik dari pemilihan kata ini.

Cerita bermula pada tahun 1899 dimana Barcelona pertama kali dibentuk. Dahulu Barcelona saat itu tidak memiliki stadion semegah dan sebesar seperti saat ini. Stadion mereka saat itu sangat sederhana, tak ada bangku, tak ada pagar dan hanya dikelilingi tembok setinggi pria dewasa sebagai pembatasnya.

Ini Kunci Sukses Zidane Meskipun Baru 2 Tahun Terjun Dunia Kepelatihan.

foto lapangan pertandingan Barcelona sebelum membangun stadion sendiri

Karena terbatasan tempat maka setiap penononton dibagian depan diwajibkan untuk duduk agar penonton dibelakang bisa melihat jalamnya pertandingan. Dan karena pertandingan berjalan dengan seru, tak jarang penonton dibagian depan berdiri dengan spontan. Alhasil barisan belakang hanya bisa melihat bagian belakang dari penonton yang berdiri tadi.

suporter Barcelona berjajar ditembok pembatas

 

 

Diversi yang lain penamaan tersebut karena kebiasaan para suporter Barcelona yang nangkring ditembok pembatas. Seperti masyarakat kita pada umumnya yang menonton pertandingan tarkam, mereka memilih duduk ditembok pembatas dengan dalih agar bisa menonton lebih jelas. Tak tanggung-tanggung mereka berjajar sepanjang tembok pembatas hingga tak ada space  yang tersisa

Karena kebiasaan tersebut bayak yang menyebut mereka dengan sebutan Cules karena dari luar tembok hanya bagian belakang saja yang terlihat.

foto pembangunan Stadion les Corts 1922

Untungnya pada tahun 1922 Barcelona mulai membangun stadion bernama Les Corts dengan kapasitas 30000 orang. Stadion tersebut saat ini lebih dikenal sebagai Nou Camp yang telah berevolusi dengan kapasitas mencapai hampir 100000 orang.

Lama Tak Terdengar, Douglas Maicon Kembali Dengan Ancaman Pidana Terhadap Mantan Rekannya Di Inter

Sejak  dibangunnya stadion baru  tak ada lagi penonton yang memadati tembok pembatas. Praktis pemandangan tersebut tak lagi dijumpai. Namun karena sudah terlanjur begitu melekat, akhirnya suporter Barcelona terus menggunakan nama Cules sebagai identitas mereka.

 

Loading...

Terpopuler: