1-169

STRIKER.ID – Klub beken era 90an Parma mulai menegakan kembali pondasi klub dari puing-puing kebangkrutan. Kemenangan mereka 2-0 atas Alessandria dipartai final play-off Lega Pro Italia membuat mereka sukses promisi ke Serie B Italia.

Parma resmi dibuang ke Serie D usai dinyatakan bangkrut dan dihukum karena tak becus  mengurusi keuangan pada 2015 silam. Dengan tenaga seadanya, mantan klub dari Gianlugi Buffon ini sukses bangkit dari keterpurukan dan mulai menapaki tangga kasta Liga Italia mulai dari kasta terbawah (Serie D) dan promosi ke Serie C.

Parma musim pertama di Serie C, mereka sukses menduduki peringkat kedua klasmene wilayah A dan terpaut 12 angka dari klub asuhan Filippo Inzaghi Venezia. Atas pencapaian itu, Parma berhak satu tiket ke zona pla-off hingga akhrinya bisa baik kasta ke Serie B.

Parma harus berterimakasi kepada Manuel Scavone dan  Manule Nicciolini, karena berkat gol keduanya mereka bisa menapaki babak baru. Kemenangan atas Alessandria di Stadion Artemio Franchi memastikan Parma sebagai klub ke-4 yang promosi ke Serie B musim depan menyusul Cremonese, Venezia dan Foggia. Kini mereka harus berjuang melewati jurang besar Serie B satu musim penuh agar bisa kembali ke kasta tertinggi Serie A. Perjuangan mereka tak akan mudah mengingat hingga saat ini Parma belum sepenuhnya stabil pasca kebangkrutan mereka.

Sebelumnya Parma adalah salah satu klub besar era 90. Pada masanya mereka bisa mendaratkan sejumlah nama-nama beken yang membuat mereka mampu bersaing dengan klub-klub besar seperti Inter milan, AC Milan, dan Juventus. Tercatat sejumlah nama besar seperti Alberto Gilardino, Gianluigi Buffon, Adriano,  Hernan Crespo. Dengan sejumlah nama menterang dijamannya mereka juga mampu merengkuh sederet trofi seperti , Piala UEFA 1994/1995, Piala Super Eropa 1993.

 

Komentar

komentar