Foto : Squawka
Foto : Squawka

STRIKER.ID – Jika normalnya sebuah klub berlomba mendatangkan amunisi pemain baru pada bursa transfer, kejadian terbalik justru dilakukan Chelsea dimusim ini. Alih-alih belanja pemain, The Blues sejauh ini justru mengosongkan amunisi pemainnya secara besar-besaran. Bahkan hingga saat ini Chelsea tercatat  hanya memiliki 21 pemain saja dan angka tersebut akan berkurang jika Nemanja Matic dan Diego Costa jadi pergi dari Stamford Bridge pada bursa transfer musim ini.

gfx-penjualan-chelsea-2017_13nednvg7skzt1rlh5wovzl2z4

Dikutip dari Goal, sejak Januari 2017 lalu hingga saat ini tercatat setidaknya ada 11 pemain yang telah resmi meninggalkan Stamford Bridge. Dimulai dari penjulan 1 paket pemain top Oscar, Branislav Ivanovic dan juga Obi Mikel ke Shanghai SIPG seharga £52 juta (harga utuh untuk oscar, sedang Ivanovic dan Obi Mikel berstatus free strasfer). Selanjutnya ada Patrick Bamford ke Middlesbrough senilai £6 juta, Juan Cuadrado  yang dilepas kejuventus (sebelumnya pemain pinjaman) dengan harga £17,2 juta , Christian Atsu ke Newcastle United dengan harga £6,2 juta, dan Bertrand Traore ke Olympique Lyon dengan harga £8,8 juta, serta  Asmir Begovic juga telah dilepas ke Bournemouth dengan harga £10 juta.

Keuntungan tersebut belum termasuk dari kepindahan striker mudanya Dominic Solancke ke Liverpool. Walaupun dilepas dengan status bebas transfer, Chelsea mendapatkan £3 juta sebagai biaya pengembangan pemain yang mereka ajukan lewat jalur pengadilan. Belum lagi komisi 10 persen keuntungan penjulan Mohamed Salah dari AS Roma ke Liverpool.

Jika ditotal hingga saat ini mereka sudah mengantongi untung sekitar £126 juta dari hasil jual beli pemain sepanjang tahun 2017. Nilai tersebut diperkirakan akan terus naik jika Nemanja Matic (£40 juta ke Manchester United) dan Diego Costa (£50 juta ke Atletico Madrid atau Liga Super Cina) jadi dilego pada bursa transfer yang resmi dibukan pada 1 Juli ini.

Foto : The Telegraph
Foto : The Telegraph

Kondisi tersebut tak diimbangi dengan pembelian pemain yang dilakukan Chelsea. Kondisi inilah yang membuat manajer Chelsea Antonio Conte sempat merajuk dan mengancam akan hengkang jika Roman Abrahamovic tak segera melakukan pembelian pemain.

Hingga saat ini Chelsea menjadi tim yang paling adem ayem soal pembelian pemain. Mereka belum sekalipun dikabarkan sudah melakukan langkah kongkrit untuk mendatangkan pemain-pemain buruannya seperti Romelu Lukaku (Everton), Tiemoue Bakayoko (AS Monaco), Antonio Rudiger (AS Roma), Alex Sandro (Juventus), pantas saja Conte was-was pemain incaranya diserobot oleh klub lain.

 

Komentar

komentar