peter_withe

STRIKER.ID Bagi pendukung setia Tim Nasional (Timnas) taka da salahnya jika kita mencoba merefres ingatan ki kebelakang, tentu pastinya anda masih mengingat dengan nama pelatih asal Liverpool, Peter White. Iya, eks striker timnas Inggris di era 1981-1985 memang pernah melatih Timnas Indonesia periode 2004-2007.

Pria kelahiran 30 Agustus 1951 tersebut menorehkan prestasi terbaiknya dengan mengantarkan Timnas Indonesia menjadi runer up AFF Cup 2004 silam. Namun, kiprahnya di Tanah Air harus gugur pasca gagal membawa Indonesia berjatya di Piala AFF di Singapura, ia pun akhirnya di pecat nurdin halid yang saat itu menjabat sebagai ketua umum PSSI jelang perhelatan AFC Asian Cup 2007.

Seperti diketahui, saat itu indonesia kalah selisih gol dengan singapura dan vietnam. saat itu aksi heroik timnas lewat gol indah zainal arif dan hidung berdarah erol iba gagal membuat indonesia menang atas singapura, skor akhir 2-2. luar biasa, tapi tidak cukup untuk menyelamatkan white, sepulang ke jakarta white langsung dipecat.

Saat manangani Timnas Indonesia, White memang mampu membentuk sebuah tim yang luar biasa waktu itu. Ia berhasil membuat permainan Indonesia mampu bermain lebih cepat, pendek merapat, unpan pendek kombinasi long pass layaknya tim Eropa.

Selain itu, era kepelatihan white banyak bermunculan pemain muda yang bahkan sampai sekarang masih menjadi bintang di indoneasia, diantaranya firman utina (saat itu menjadi cadangan ponaryo astaman), ilham jaya kesuma (tidak pernah dipakai di timnas sebelumnya), ferry r, atep, jack komboy, cornelius gedy, bayu suthe, sallampessy, errol fx iba, saktiawan sinaga, agus indra, dan tentu yang fenomenal boaz sallosa yang saat itu belum punya klub.

Dan yang paling menarik adalah saat white mendepak bambang pamungkas dari skuadnya, karena dinilai tidak cukup bagus untuk menjadi bagian dari tim white ketika itu. sungguh tindakan yang berani mengingat BP adalah icon timnas dan saat itu sukses di selangor fc bersama elly aiboi. white juga memiliki diplomasi yang baik, seperti cara dia menyampaikan surat protes kepada aff saat timnas dirugikan.

Tentu yang melihat era kepemimpinan White saat itu sangat setuju jika indonesia waktu itu bisa bermain dengan sangat baik dan menyimpan harapan yang sangat besar.

Sementara itu, keberhasilan White dalam membesut Timans Indonesia tentunay tak lepas dari kiprahnya yang telah membelas sederet klub ternama seperti Brimingham City, Aston Villa.

Sebelum berkiprah di Indoensia, White lebih dulu melatih Timnas Thaland, lalu pasca dipecat dari Indonesia pada 2007 lalu White menganggur lama. Baru pada tahun 2012, pelatih yang kini berusia 61 tahun itu melatih Stockport Sports FC, klub peserta Northern Premier League Division One North di Liga Inggris. Namun, Peter White dikabarkan angkat kaki dari Stockport Sports FC karena klub tersebut tidak mampu mendatangkan pemain baru.

Kemudian pada 2013 silam ia dikabarkan kembali berminat melatih di Indonesia setelah sang agen membeberkan bahwa pelatih yang kini berusia 65 tahunn tersebut tertarik untuk kembali menajjaki sepakbola Indonesia. namun, pasca kabar tersebut beredar hingga kini belum kabar White tak pernah lagi terdengan di telinga.

Belum diketahui kondisi pasti Legenda Aston Villa tersebut melatih klub mana. Yang jelas selepas 2013 lalu kabarnya tak pernah lagi termuat di lama media.

 

 

Komentar

komentar