STRIKER.ID – Liverpool yang tampil percaya diri pada sesi pramusim jutstru tampil inkonsisten sejak Premier League dimulai. Dari enam laga yang mereka jalani hingga saat ini, Jurgen Klopp dan pasukannya hanya mampu memetik tiga kemenangan dan dua hasil seri, sedangkan satu laga berakhir dengan kekalahan telak 0-5 dikandang Manchester City.

Kiprah mereka di Liga Champion pun tak jauh berbeda. Sejak lolos babak kualifikasi lawan Hoffenheim, Liverpool sejauh ini gagal memetik kemenangan dari dua laga yang sudah digelar. Padahal mereka cukup beruntung tergabung bersama tim-tim underated seperti Sevila FC, Spartak Moscow, dan NK Maribor. Dengan hasil tak memuaskan, Liverpool harus segera melakukan evaluasi untuk menambal kekuarangan mereka.

Tak Kunjung Teken Kontak Baru, Emre Can Justru Minta Liverpool Segera ‘Depak’ Dirinya

Yang paling disorot adalah lini belakang Liverpool yang sangat rapuh. Gaya total attack yang diusung Jurgen Klopp memberatkan tugas pemain lini belakang. Pasalnya dengan formasi sekarang ini setidaknya ada delapan pemain yang aktif berada didaerah lawan, sedangkan dilini belakang hanya menyisakan dua center back saja. Akibatnya Liverpool begitu rentan menghadapi serangan balik.

Bukan berarti penampilan Dejan Lovren dan Joel Matip kurang mumpuni, namun Liverpool butuh sosok pemain yang benar-benar sulit ditembus seperti Samy Hyypia.

Sosok Virgil Van Djik sangat cocok dengan kebutuhan Liverpool ini. Selain Van Djik ada beberapa opsi lain seperti Kalidou Kaulibaly (Napoli) dan Inigo Martinez (Real Sociedad) yang cocok untuk posisi ini.

Sedikit maju kedepan Liverpool juga butuh seorang gelandang bertahan murni. Dalam skema serangan Liverpool umpan dan recovery bola menjadi faktor kunci, karenanya mereka butuh sosok gelandang jangkar sekaligus playmaker lini tengah yang tangguh. Sekarang ini Liverpool memang punya Emre Can dan Henderson, namun Emre Can tak kunjung setuju memperpanjang kontrak sedangkan Henderson tentu tetap membutuhkan pelapis.

Karenaya sosok pivotal players seperti Fabinho (AS Monaco) menjadi rekomendasi diposisi ini. Selain itu Asier Illarramendi (Real sociedad) bisa digunakan sebagai opsi lain.

Yang terakhir adalah lini serang, kenapa lini serang ? karena saat ini The Reds tak punya sosok striker murni kecuali Daniel Sturige. Memang Firmino sukses mengambil alih posisi penyerang, namun gaya bermainya lebih condong sebagai seorang false nine bukan striker murni. Sedangkan Sturigde tak bisa selalu diandalkan karena sering berkutat dengan cedera.

Waduh, Striker Paling “Berbobot” Di Dunia Ini Minta Dipinang Oleh Liverpool

Mereka butuh finisher handal, seorang target man yang punya insting mencetak gol seperti Zlatan Ibrahimovich atau Diego Costa. Ditempat ini mungkin Pierre Emerick Aubameyang (Dortmund) atau Mauro Icardi (Inter Milan) cocok menjadi solusi.

Komentar

komentar