STRIKER.ID – Nomor punggung wajib dimiliki seorang pemain sepakbola. Pada umumnya ada nomor-nomor tertentu yang mewakili sebuah posisi serti nomor 1 untuk kiper, 10 untuk playmaker dan 9 untuk seorang penyerang.

Meskipun demikian tak ada ketentuan baku yang menyebutkan seorang pemain harus menggunakan nomor punggung yang sesuai dengan posisinya. Setiap pemain tentu punya filosofi sendiri mengenai pemilihan nomor punggung yang akan dia kenakan. Terkadang karena ngotot memaksakan filosofinya, nomor punggung yang dia kenakan pun terkesan absurd dan tak biasa.

Cristiano Ronaldo Punya Kesempatan Borong 10 Gelar Musim Ini

Dikutip dari Sport.IDNtimes.com ada sepuluh pemain yang pernah melakukan pilihan nomor punggung yang dirasa aneh.

Clint Dempsey

Dempsey adalah pemain yang cukup berbakat meskipun saat membela Tottenham Hotspurs  penampilannya tak bisa dibilang memuaskan. Selain 12 dalam 43 pertandingan, ada hal lain yang menjadi sorotan mantan pemain Fullham tersebut, yaitu perihal pemilihan nomor punggung.

Pemain asal Amerika Serikat ini begitu bersikukuh mengenakan nomor punggung 2 padahal Spurs sudah menyiapkan nomor 8 dan 23. Terlihat aneh bagi publik melihat seorang penyerang mengenakan nomor punggung 2.

 

Khalid Boulahrouz

Nomor punggung 9 biasanya identik dengan seorang penyerang, namun pada tahun 2006 silam nomor punggung 9 Chelsea justru dikenakan oleh Boulahrouz. Pasalnya Boulahrouz adalah seorang pemain belakang bukan pemain tengah apalagi striker. Apalagi nomor yang dikenakan Boulahrouz baru saja ditanggalkan oleh striker legendaris , Hernan Crespo

Tentu saja sangat absurd melihat nomor punggung 9 berlarian didaerah sendiri. Karena itulah pada saat itu, fans klub lain sering menggunakan anomali ini menjadi bahan olok-olokan.

 

Bixente Lizarazu

Mantan pemain Bayern Munich ini menggunkan nomor 69, tapi jangan senyum-senyum dulu. Nomor tersebut dipilih Lizarazu karena begitu melekat pada dirinya. Dia lahir pada 1969, dengan tinggi badan 169 cm dan  entah sebuah kebetulan atau tidak, pada saat pemilihan nomor tersebut berat badannya seberat 69 kg.

 

Cristiano Lupatelli

Kiper yang sudah malang melintang di Liga Serie A ini juga punya pemilihan nomor punggung nyeleneh. Jika umunnya seorang kiper mengenakan nomor punggung 1, Lupatelli justru minta nomor punggung 10 Roma disediakan untuknya. Padahal Lazimnya nomor 10 digunakan oleh seorang playmaker.

 

Wiliian Gallas

Sama seperti Lupatelli, Gallas juga memilih nomor punggung yang tak lazim digunakan oleh pemain diposisinya. Saat bermain bersama Arsenal, Gallas bergitu ngotot menggunakan nomor punggung 10 peninggalan Dennis Bergkamp. Dia sempat ditawaran menggunakan nomor punggung 3 namun menolaknya mentah-mentah.

Akhirnya Arsene Wenger pun mengabulkan permintaan Gallas kendati terlihat cukup aneh.

Gianluigi Buffon

Kiper veteran ini pernah dicap sebagai pro nazi karena pemilihan nomor punggung. Pada tahun 2000-2001 Buffon yang masih menjadi bagian Parma memutuskan mengganti nomor punggungnya dari 1 ke 88. Pergantian yang tiba-tiba ini membuat ada sebagian orang menuduh kiper legendaris Italia itu sebagai pendukung nazi. Pasalnya nomor 88 dipercaya sebagai nomor Neo- Nazi oleh media.

Buffon berdalih nomor 88 melambangkan 4 bola yang menurutnya menggambarkan determinasi dan kekuatan. Karena kontroversi tersebut akhirnya Buffon memutuskan menanggalkan nomor 88 dan menggantinya dengan nomor 77.

 

Edgar Davids

Edgar Davids dikenal sebagai pemain yang khas dengan kaca mata dan juga rambut dreadslocks yang dikuncir kebelakang. Pemain yang dikenal anti mainstream ini juga punya pemilihan nomor punggung yang unik.

Pada akhir karirnya dia mendapati nomor punggung 1 di Barnet FC menganggur, dan tanpa pikir panjang dia kemudian menggunakan nomor yang lazimnya digunakan oleh penjaga gawang tersebut. Lebik unik lagi saat bermain diklub kasta kedua Liga Inggris tersebut, Davids merangkap menjadi manajer disana. ­Gokilll…

 

Hicham Zerouali

Mungkin diantara pemilihan nomor tak lazim, Zerouali bisa disebut yang paling tidak lazim. Penyerang asal Maroko ini memilih menggunkan nomor punggung 0 saat membela Aberdeen di Liga satu Skotlandia. Alasannya pun tak kalah unik, karena namanya berawalan dengan kata “Zero” yang artinya 0

Meskipun menjadi perdebatan, nomor punggung 0 tetap digunakan selama tiga tahun kiprahnya disana. Sayangnya dia harus mengakhiri karinya lebih cepat lantaran terbunuh karena kecelakaan mobil pada 2004.

 

Ivan Zamorano

Selama karirnya di Real Madrid, Zamorano selalu menggunakan nomor punggung 9. Dan ketika dia hijrah ke Inter Milan dia ingin kembali menggunakan nomor punggung kebaggaanya tersebut. Sialnya nomor 9 sudah diklaim oleh legenda Brazil Ronaldo de Lima.

Tak kurang akal akhirnya legenda Chile ini memutuskan mengambil nomor punggung 18 dan membubuhkan tanda plus diantara kedua angka. Dengan begitu 1+8 = 9.

Derek Riordan

Mengalami hal yang serupa dengan Zamorano, Riordan juga mengambil langkah kreatif. Pada kepindahannya ke klub asal Skotlandian Hibs tahun 2008 silam, Riordan sangat mendambakan mengenakan nomor punggung 10. Namun sayangnya kenginginannya gagal terealisasi lantaran nopung 10 sudah ada yang punya.

10 Cedera Paling Absurd Yang Pernah Dialami Pemain Sepakbola

Tak kehabisan akal akhirnya dia memilih nomor punggung 1, namun pada pencetakannya dia membubuhkan 0 didepannya sehingga menjadi 01 sebagai kebalikan dari angka 10. Ada ada saja…

Komentar

komentar