STRIKER.ID – Sepak bola menjadi bagian dari sejarah panjang merdekanya Indonesia hingga saat ini. Pasalnya sejak tahun 1910-an sepak bola di Tanah Air memang sudah eksis. Hanya saja prestasinya mengalami pasang surut lantaran diterpa berbagai permasalahan, mulai dari kepengurusan PSSI hingga kondisi sebuah tim atau klub yang kurang sehat.

Baca Juga 

Kompetisi sepak bola Indonesia mulai digemakan sendiri mulai dari Era Perserikatan, kemudian muncul Liga Galatama pada 1979 yang kala itu menjadi pioner terciptanya liga profesional yang tak menggunakan APBF sebagai penghidupan klub. Selang 15 tahun berikutnya muncul sebuah ide menarik yakni menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan dan berubah nama menjadi Liga Indonesia yang digelar sampai 2008.

Setelah itu, PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia mencanangkan liga yang lebih profesional, yakni Indonesia Super League (ISL). Kemudian pada 2015 lalu kompetisi Indonesia dibekukan karena kekisruhan kepengurusan PSSI, hingga akhir diputihkan kembali oleh FIFA. Pada 2017 kemarin komoetisi kasta tertinggi akhirnya bisa digulirkan kembali, hanya saja PSSI merubah namanya menjadi Liga 1 Indonesia.

Dari sekian kompetisi di atas, tentu ada klub-klub hebat di baliknya. Bahkan, klub-klub ini lebih tua dan dianggap paling dipandang di kanca sepak bola Indonesia ditengah banyaknya bermunculan klub baru.

Dan berikut ini adalah deretan klub-tertua di Indonesia yang usaianya bahkan lebih dari 100 tahun.

Prev1 dari 6
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar