STRIKER.ID – Sejak tahun 2008, Indonesia Super League (ISL) menjadi kompetisi antar klub profesional paling elite di Tanah Air. Kompetisi ini sejatinya pengembangan format Liga Indonesia yang dilahirkan PSSI pada tahun 1994. Dan kini namanya kembali dirubah menjadi Liga 1 sejak musim 2017 kemarin.

Baca Juga

Jika kita melihat kilas baliknya, pada 1930 an kompetisi sepak bola Indonesia mulai digemakan. Dan kompetisi pertama yang berhasil digelar yakni bernama Perserikatan. Perserikatan adalah nama kompetisi sepakbola Indonesia jauh sebelum adanya Liga Indonesia. Perserikatan awalnya bermula ketika tujuh klub Indonesia mendirikan PSSI pada 1930 yang kemudian membentuk kompetisi tahunan antar kota yang diberi nama Perserikatan dan pertama kali diadakan pada 1931. Perserikatan terhenti pada 1944 sampai 1947 karena pada tahun tersebut Indonesia sedang mengalami transisi menuju kemerdekaan.

Hingga kemudian, usai era Perserikatan, muncul Liga Galatama pada 1979. Pada kala itu, Galatama menjadi pioner terciptanya liga profesional yang tak menggunakan APBF sebagai penghidupan klub. Namun, selang 15 tahun berikutnya muncul sebuah ide menarik yakni menggabungkan kompetisi Galatama dan Perserikatan dan berubah nama menjadi Liga Indonesia yang digelar sampai 2008.

Selama puluhan tahun bergulir, Perserikatan telah melahirkan banyak klub yang menjadi juara dan berikut ini adalah 5 klub paling berprestasi di era Perserikatan, seperti dilansir dari SkyMedia

Prev1 dari 6
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar