Photo: Instagram Persipura

STRIKER.ID – Persipura Jayapura baru saja mengumumkan bahwa mereka akan menguji coba pemain anyar asal Korea Selatan berposisi gelandang bertahan bernama Oh Jo Ho. Oh diproyeksikan melengkapi kuartet pemain asing Persipura yang kini masih terisi tiga.

Namun tahukah anda, Persipura, ternyata memang lekat dengan pemain asal Negeri Ginseng ini, sejak kompetisi di Indonesia menerapkan kebijakan pemain asing asal Asia di Liga Super bertahun yang lalu.

Bahkan, sejumlah punggawa asal negerinya K-Pop ini boleh bibilang selalu berhasil membawa kesuksesan di Mutiara Hitam.

Lalu, siapa sajakah pesepakbol asal Korsel yang pernah mengenakan kostum Persipura, sebelum kini Ohjo Ho mengikuti sesi trial?

Baca juga:

Simak ulasan Striker.ID berikut ini:

Yoo Jae Hoon (2010-2011, 2013, 2016-2017)

Inilah nama pemain Korea Selatan pertama yang merumput bersama Persipura, sekaligus paling mengkilat prestasinya.

Berposisi sebagai penjaga gawang, Jae Hoon berhasil tiga kali menghantarkan Mutiara Hitam menjadi juara liga Indonesia 2011, 2013 (ISL) dan 2016 (TSC).

Perannya sebagai orang terakhir di pertahanan Persipura, sangat sulit tergantikan, bahkan hingga sekarang.

Kini Jae Hoon masih bermain di liga Indonesia. Tepatnya, kiper berusia 34 tahun tersebut, bermain untuk klub asal Pulau Kalimantan Mitra Kukar.

Hingga sekarang, Jae Hoon masih sangat mencintai Papua dan juga Persipura Jayapura. Begitu pula dengan suporter Mutiara Hitam, yang masih sangat mengagumi Jae Hoon.

Lim Joon Sik (2011-2015)

Nyaris bersamaan dengan Jae Hoon, Persipura pada musim 2011-2012 mendatangkan gelandang asal Korsel Lim Joon Sik, yang sebelumnya memperkuat Sriwijaya FC.

Sama sepeerti Jae Hoon, tidak butuh waktu lama bagi pemain kelahiran 1981 tersebut untuk menunjukkan kebitangannya di Mutiara Hitam.

Punya karakter gesit, keras, dan tangguh sebagai gelandang murni, Joon Sik  benar – benar menjadi ruh permainan Persipura di lini tengah. Ia pun sukses mempersembahkan gelar juara ISL 2013 untuk Mutiara Hitam.

Cocoknya hubungan Joon Sik dan Persipura, dibuktikan dengan lamanya ia bermain untuk klub asal Kota Jayapura Papua tersebut. Terhitung, pemain yang dikenal dengan rambut pirangnya tersebut, bermain untuk Persipura selama 4 musim. Waktu yang lumayan untuk pemain di Indonesia, yang kala itu dikontrak semusim – semusim.

Prev1 dari 2
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar