photo:viva.co.id/timnas Jepang

STRIKER.ID– Babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang mempertemukan antara Jepang dan Belgia pada Senin (02/07/18) berlangsung sangat sengit. Kedua tim yang sama sama ingin melaju kebabak 8 besar bermain penuh spartan.

Jepang yang sudah unggul 2-0 dari Belgia, dan hampir sedikit lagi menjejakkan kakinya di Babak 8 besar Piala Dunia, harus tertunduk lesu kala Belgia membalikkan keadaan menjadi 3-2, alhasil Jepang pun harus mengubur mimpinya di Piala Dunia sebagai wakil Asia demi melaju kebabak 8 besar piala dunia 2018.

Semua fans Jepang dan penggawa Timnas Jepang menangis atas raihan tersebut. Namun kebanggaan Jepang tidak hanya dari hasil pertandingan tersebut, melainkan berasal dari setelah pertandingan itu.

Adalah tempat ruang ganti timnas Jepang, yang membuat warga net atau bahkan tim lain merasa lebih bangga, mengapa?

Karena usai mengalami kekalahan dramatis, timnas Jepang tak lantas melampiaskan dengan kekesalan dengan membuat berantakan ruang ganti mereka.

Tim berjuluk Samurai Biru tersebut benar benar membuat ruangan kembali rapi seperti mereka datang pertama kali ke ruangan itu.

Tidak ada seragam Timnas atau sampah berserakan di ruang ganti Jepang. Semuanya kosong melompong. Timnas Jepang sepakat untuk merapikan sekaligus membersihkan ruangan tersebut.

Selain itu, Timnas Jepang juga menulis pesan khusus kepada tuan rumah Rusia di secarik kertas.

Mereka meninggalkan catatan bertuliskan kata terima kasih dalam bahasa Rusia. Aksi Timnas Jepang menuai pujian netizen. Mereka salut karena Jepang menunjukkan kebersihan sebagai budaya mereka di Rusia.

photo:twitter.com-timnas Jepang

“Hormat besar untuk Jepang,” ujar salah satu netizen.

“Mereka kalah dalam permainan, tetapi menjadi juara utama untuk kehormatan dan sikap. Jepang adalah negara yang hebat,” kata seorang netizen.

“Saya sangat bangga kepada mereka. Terima kasih timnas Jepang!” seru netizen lain.

Sebelumnya, pendukung Jepang juga mencuri perhatian netizen. Mereka kerap mengumpulkan sampah dan membuangnya di kantong plastik khusus selama menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018.

Aksi timnas Jepang inipun selayaknya patut dicontoh, bagi tim manapun dan warga manapun. Budaya rapi dan menghargai siapapun tuan rumah yang sudah melayani dengan sangat baik meski tim mengalami kekalahan telak.

Jika saja hal positif itu terjadi di Indonesia, bisa dipastikan akan merambat ke hal lain, bukan hal yang sulit untuk dilakukan, hanya kemauan saja yang membuatnya sulit.

Komentar

komentar