photo:afp
STRIKER.ID-Beragam kejutan muncul di Piala Dunia 2018 tahun ini, Rusia, Swedia, Kroasia dan Belgia menjadi salah satu tim yang berhasil lolos ke babak empat besar. Brasil, Jerman, Uruguay, Spanyol yang diprediksi bisa melaju ke babak empat besar harus pulang ke “rumah” mereka.
Beberapa tim memang tidak diunggulkan untuk bisa lolos. Namun sepak bola tidak hanya soal statistik, tak sedikit tim “underdog” yang justru berhasil membuat kejutan dalam sejara Piala Dunia.
Melansir dari idntimes, berikut tim yang dinilai “Underdog”.
1. Bulgaria (Piala Dunia 1994)
photo:football-tribe.com
Bulgaria sudah sering mengikuti Piala Dunia sebanyak 7 kali. Namun demikian penampilan mereka di ajang 4 tahunan ini bisa dibilang hanyalah tim ‘pengibur’ karena belum pernah memenangi laga sekali pun.
Namun di Piala Dunia 1994 kejutan besar terjadi, dimana mereka bisa lolos hingga babak semifinal. Padahal di laga perdana mereka dihabisi oleh Nigeria dengan skor 3-0, sehingga banyak yang memprediksi mereka akan menjadi bulan-bulanan tim lainnya seperti Argentina dan Yunani.
Kejutan terjadi ketika mereka bisa bangkit dan menghajar Yunani dengan skor 4-0 dan Argentina dengan skor 2-0. Lalu mengalahkan Meksiko di babak knock out melalui adu penalti.
Kejutan yang lebih besar lagi terjadi saat mereka diluar dugaan berhasil mengalakan Jerman dengan skor 2-1. Padahal saat itu Jerman diisi oleh nama-nama besar seperti Jurgen Klinsman, Lothar Matheus dan Rudy Voeller.
Sayang, langkah mereka terhenti di semifinal setelah dikalahkan Italia dengan skor 2-1.
2. Kroasia (Piala Dunia 1998)
photo:afp
Piala dunia 1998 di Perancis, merupakan  penampilan pertama timnas Kroasia, dan tak banyak yang menduga jika Kroasia bisa berbicara banyak di ajang ini.
Diisi pemain-pemain yang bersinar di Eropa seperti Zvonimir Boban, Davor Suker dan Slaven Bilic. Kroasia mampu lolos dari fase grup sebagai runner up dibawah Argentina.
Kejutan berlanjut saat Kroasia berhasil mengalahkan Rumania dan Jerman di faseknock out . Jerman yang Pernah meraih 3 gelar Piala Dunia, saat itu mampu dihabisi Kroasia dengan skor telak 3-0, sehingga mereka pun lolos ke semifinal dan berhadapan dengan tuan rumah, Prancis.
Sayang, saat bertemu dengan tuan rumah Kroasia harus menyerah 2-1, namun demikian mereka berhasil menjadi juara 3 setelah mengalahkan Belanda dengan skor 2-1
3. Turki (Piala Dunia 2002)
photo:magazineoffootball.blogspot.com
Turki mampu mengejutkan di Piala Dunia 2002. Turki sendiri memulai Piala Dunia dengan cemerlang setelah berhasil menjadi runner up di fase grup di bawah Brazil. Jepang dan Senegal menjadi korban keganasan Turki di fase knock out dengan skor yang sama 1-0.
Namun di semifinal, Turki harus mengakui keunggulan tim kuat Brazil. Meskipun kalah di semifinal, Turki mampu menjadi juara ketiga setelah mengalahkan tuan rumah lainnya, Korea Selatan di babak perebutan ketiga dengan skor 3-2.
Bintang Turki kala itu, yakni Hakan Sukur mampu mencetak rekor sendiri dengan gol cepat, yakni di menit pertama.

Komentar

komentar