photo:striker.id/timnas U-16

STRIKER.ID – Timnas Indonesia berhasil tampil sebagai juara di Piala AFF U-16, setelah pada babak final di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (11/08), David Maulana dkk menang dramatis melalui babak adu penalti dengan skor akhir 4-3 (1-1).

Bermain dengan formasi menyerang 4-3-3, Indonesia  langsung tampil menekan sejak kick-off. Perpaduan Supriadi, Bagus Kahfi dan Amanar di lini depan berhasil meneror pertahanan Thailand.

Kesempatan Indonesia untuk unggul pun tercipta di menit ke-14. Sayang sontekan Bagus masih melenceng tipis di sisi gawang Thailand. Skor masih berimbang 0-0.

Thailand sendiri tampak lebih berkonsentrasi menjaga pertahanan dari serangan bergelombang Indonesia, sembari sesekali melancarkan serangan balik. Namun Komang dan Bagas di lini belakang Timnas mampu bermain solid meredam serangan Sang Gajah Perang.

Baca juga:

Gol untuk Indonesia akhirnya tercipa di menit ke-33. Fathur Rahman yang masuk menggantikan Amanar di pertengahan babak pertama, sukses menggetarkan gawang Thailand melalui first touch, setelah menerima umpan panjang dari Andre dari lini tengah.

Stadion Gelora Delta pun bergemuruh menyambut gol Fathur Rahman tersebut. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Seusai gol tuan rumah, Thailand mulai keluar menyerang. Mereka berkali – kali berupaya berbalik menekan Indonesia. Beberapa peluang pun bisa diciptakan Thailand. Namun apiknya kerja sama lini bertahan Timnas membuat serangan Thailand masih tumpul.

Hingga 40 menit berlalu, skor pun maish bertahan 1-0 untuk Indonesia, dengan penguasaan bola hingga 70 persen untuk tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Indonesia sama sekali tidak mengendurkan tekanan kepada Thailand. Peluang demi peluang pun berhasil diciptakan Garuda Nusantara.

Namun serangan demi serangan Indonesia sulit untuk bisa menemui gawang Thailand. Selain kiper tamu bermain apik, lini belakang mereka juga mulai bisa membaca permainan Indonesia.

Namun pada akhirnya justru gawang Indonesia yang harus kebobolan di menit ke-71, lewat sontekan tajam pemain Apidet Janggam, setelah menerima umpan silang datar. Skor 1-1.

Hasil ini pin bertahan hingga 2 x80 menit, dan pertandingan diteruskan ke babak penalti.

Pada adu penalti, pada babak ini kiper Ernando tampil prima dengan memblokir dua tendangan dari Thailand. Sedangkan empat penendang Timnas juga sukses melesakkan gol. Indonesia menang adu penalti 4-3.

Hasil ini pun menghantarkan Timnas U-16 kali pertama tampil menjadi juara di ajang antar negara Asia Tenggara U-16.

Komentar

komentar