photo: aremafc.com

STRIKER.ID-Menjadi seorang pesepakbola profesional tidak boleh hanya memiliki modal skill yang apik namun juga harus memiliki bekal dikala sudah tak lagi menjadi pemain sepakbola. Sebenarnya banyak yang sudah memiliki bekal untuk masa pensiun, seperti memiliki usaha di bidang kuliner, dagang pakaian namun ada juga yang sudah menyiapkan bekal pensiunnya dengan mengikuti lisensi kepelatihan meski masih aktif bermain bola.

Seperti yang dilakukan oleh bekas pemain Arema FC, Balsa Bozovic yang kini meniti karir di negara kelahirannya Montenegro bersama klub FK Mornar Bar, salah satu klub liga teratas Montenegro.

Di usianya yang masih 31 tahun, pemain yang pernah bermain untuk Persela Lamongan ini mengikuti kursus kepelatihan lisensi B UEFA yang diadakan oleh Federasi Sepakbola Montenegro.

Kursus yang diikuti pemain kelahiran 1 Mei 1987, ini diadakan di Tivat, salah satu kota pesisir di wilayah barat daya Montenegro.

“Kebetulan saja ada kesempatan bagi saya untuk bisa mengikuti kursus Lisensi B,” ujar Balsa dilansir dari bola.net.

Baginya kesempatan mengikuti lisensi ini belum tentu datang kedua kalinya baginya secara cepat, oleh karenanya ia sangat senang dengan adanya kesempatan ini.

“Kesempatan ini karena sekarang saya kembali bermain di Montenegro,” tambah pemain spesialis tendangan bola mati itu.

Di Kota kelahirannya sendiri yakni Podogrica, Balsa juga memiliki sebuah sekolah sepakbola. Dari sekolah sepakbola ini ia ingin lebih banyak menghabiskan waktu untuk memberikan ilmu kepelatihannya tersebut agar menghasilkan pemain pemain berkualitas Sebagai penerusnya nanti.

“Namanya Golden Ball,” ungkap Balsa.

“Saat ini saya memang banyak terlibat dengan latihan pemain-pemain muda dan anak-anak. Namun, seusai karir saya nanti, saya ingin melatih pemain senior juga. Saya harap bisa menjadi pelatih yang lebih baik ketimbang sebagai pemain,” beber Balsa.

Sementara itu, kendati saat ini sudah mulai merintis karir kepelatihan, Balsa menegaskan masih belum akan gantung sepatu dalam waktu dekat ini. Ia memastikan masih ingin berkarir sebagai pesepak bola profesional selama beberapa tahun lagi.

“Saya punya rencana untuk bermain sebagai pesepakbola profesional selama beberapa tahun ke depan,” ucap Balsa.

Kendati sudah didepak dari Arema FC, Balsa Tak merasa jera, ia pun ingin menghabiskan karir sepakbolanya di Indonesia.

“Saya pun masih berharap bisa kembali bermain di Indonesia pada musim depan,” pungkas Balsa.

 

Komentar

komentar