STRIKER.ID – Sepak bola selalu menjadi olahraga paling digemari di Indonesia sejak dikenalan puluhan tahun silam. Bahkan, melihat tingkat fanatisme yang terjadi ditubuh pemain ataupun pendukung sebuah klub sepak bola seolah menjadi kepercayaan kedua.

Dan seiring berjalannya waktu, sepak bola di Tanah Air terus bertransformasi ke arah yang lebih baik mulai dari kualitas penyelenggaran liga hingga fasilitas penunjang sepak bola.

Baca Juga

Tapi sayangnya, masih ada saja hal negatif yang kerab menyelimuti dunia sepak bola Tanah Air, salah satunya adalah kerusuhan di dalam atau luar lapangan yang disebabkan oleh fanatisme berlebihan suporter.

Terbaru adalah tragedi mengerikan yang menyebabkan meninggalkan seorang suporter The Jakmania bernama Haringga Sirla yang dikeroyok oleh sekelompok suporter Persib Bobotoh jelang kedua tim kesayangan mereka bertemu.

Berbicara tentang sebuah fans sepak bola di Indonesia, dewasa ini rivalitas berlebihan masih saja terjadi. Seperti halnya yang terjadi ditubuh fans PersijaPersib, Arema-Persebaya, PSS-PSIM. Seoalah mereka enggan mengucap kata damai. Padahal imbas dari rivalitas tersebut banyak berbuah negatif hinga hilangnya sejumlah nyawa secara sia-sia.

Memang rivalitas mendukung sebuah tim sepak bola tidak di haramkan, namun setidaknya hal tersebut haruslah terjadi selama 90 menit saja. Selepas itu seluruh suporter bersaudara karena sebangsa dan setanah air.

Namun dibalik cerita negatif tersebut, nyatanya ada beberapa fans yang sebelumnya berseteru justru bisa berdamai dan kembali bersaudara. Bahkan perdamaian yang diciptakan para fans tersebut bisa dikatakan seperti hal yang diharapkan PSSI Saat ini.

Fans klub apa sajakah itu?, berikut ulasannya seperti dilansir dari Footballtribe.com

Prev1 dari 6
Klik Next untuk melihat halaman selanjutnya

Komentar

komentar