photo: liputan6.com

STRIKER.ID-Nama pemain legendaris Kurniawan Dwi Yulianto, terus bergerak naik seiring dengan prestasinya di dunia sepakbola, setelah terpilih menjadi asisten pelatih timnas, eks Persebaya itu akhirnya terpilih menjadi ikon Piala AFF.

Terpilihnya Si Kurus panggilan akrab Kurniawan dikeluarkan oleh Fox Sport Asia. Media ternama di Asia itu memilih sosok Kurniawan karena merupakan salah satu pemain terbaik sepanjang gealran Piala AFF

Mantan pemain FC Luzern, salah satunya klub asal Swiss itu menjadi top scorer bagi Indonesia selama gelaran Piala AFF. Kurniawan Dwi Yulianto mencetak 13 gol selama turnamen antara 1996 dan 2004. Meski mampu mencetak 13 gol namun Kurniawan belum pernah meraih gelar di Piala AFF kala membela TImnas Indonesia.

Melansir dari tribunnews.com, Kurniawan Dwi Yulianto turut mengantarkan Timnas Indonesia mencapai final Piala AFF edisi 2002 dan 2004, serta semifinal edisi 1996 dan 1998. Mantan bomber Persitara itu mencetak satu dari dua gol Indonesia ketika memperebutkan posisi ketiga melawan Vietnam di Piala AFF 1996. Namun sayang Indonesia kalah 2-3 dari Vietnam di laga itu.

Di Piala AFF 1998, Kurniawan Dwi Yulianto mencetak gol hinngga akhirnya membawa Indonesia mendapat peringkat ketiga di kompetisi itu dengan mengalahkan Thailand melalui adu pinalti, Indonesia menang 5-4.

Kurniawan Dwi Yulianto berhasil membawa Indonesia sampai ke final Piala AFF 2000. Namun sayang, Timnas Garuda Jaya harus kalah 1-4 dari Thailand, dan meraih runner up. Setelah absen di Piala AFF 2002 ia lalu kembali bermain di Piala AFF 2004.

Indonesia berhadapan dengan Malaysia di semifinal Piala AFF 2004. Dalam leg pertama, Kurniawan Dwi Yulianto mencetak satu gol satu satunya bagi Indonesia. Di laga itu, Indonesia kalah 1-2 dari Malaysia.

Namun, Kurniawan Dwi Yulianto dkk berhasil bangkit di leg kedua dengan gol pembuka dari Kurniawan Dwi Yulianto pada menit 59. Skuat Garuda berhasil menang 4-1 atas Malaysia. Tetapi Indonesia gagal meraih juara karena kalah dari Singapura. Timnas pun meraih runner up pada Piala AFF 2004.

Komentar

komentar