STRIKER.ID – Persija Jakarta berhasil menjadi jawara Liga 1 2018 setelah penantian panjang yakni 17 tahun puasa gelar kompetisi resmi. Klub berjuluk Macan Kemayoran itu menjadi jawara usai mengumpulkan 62 poin dari 34 laga yang mereka jalani.

Baca Juga

Sementara nasib naas dialami oleh tiga klub yang harus terdegradasi ke Liga 2 musim 2019. Ketiga klub tersebut yakni Mitra Kukar, Sriwijaya FC dan PSMS Medan.

Khusus untuk Sriwijaya FC, Sebelumnya belum pernah terdegradasi sejak kompetisi profesional bernama Indonesia Super League. Bahkan mereka pernah merasakan era emas, yakni juara pada musim 2011-2012.

Tentu saja terdegradasinya Sriwijaya FC cukup menyesakkan para pendukungnya. Pasalnya, sejak awal musim, Sriwijaya FC merupakan tim yang bertabur bintang. Sayang, masalah intrnal yang membelit klub tersebut membawa keruntuhan bagi klub yang membeli lisensi dari Persijatim Jakarta Timur itu.

Dibalik semua itu, ternyata ada beberapa klub khususnya sejak ISL 2008/2009 yang ternyata anti degradasi atau belum pernah terdegradasi. Mereka hingga saat ini amsih eksis di kompetisi kasta tertinggi.

Total ada tujuh klub yang saat ini masih bertahan di Liga 1. Tujuh klub tersbeut adalah Persipura Jayapura, Persib Bandung, Persela Lamongan, Persija Jakarta, PSM Makassar, Madura United dan Arema FC.

Sebagai catatan, pada awal 2008/2009 Pelita Jaya mengubah nama menjadi Madura United, sedangkan Arema Indonesia menjadi Arema FC.

PSM Makassar pada 2012 yang memilih berkompetisi di Liga Indonesia Premier League (IPL), tetap dianggap tak turun kasta karena merupakan kompetisi resmi PSSI kala itu.

Sedangkan klub lain berkompetisi di ISL dan tak sempat dapat pengakuan, namun pada 2013 semua kembali bersatu.

7 Klub yang Tak Pernah Terdegradasi Sejak Era ISL 2008/2009:

  1. Persipura Jayapura
  2. Persib Bandung
  3. Persela Lamongan
  4. Persija Jakarta
  5. PSM Makassar
  6. Madura United
  7. Arema FC

Komentar

komentar