Photo: tribunnews.com

STRIKER.ID– Sepakbola tidak hanya melulu urusan menang atau kalah namun juga saling menghormati antar tim. Hal itulah yang dilakukan betul oleh Timnas Jepang saat melakoni partai final Piala Asia 2019 kontra Qatar Jumat (01/02/19) di Zayed Sport City, Abu Dhabi.

Usai Jepang kalah 1-3 dari Qatar, timnas Jepang bersalaman dengan pemain Qatar, mereka langsung kembali ke ruang ganti untuk berganti pakaian dan lain sebagainya.

Namun sebelum semua keluar dari ruang ganti satu persatu pemain dan juga official tim langsung mengembalikan suasana ruang ganti seperti semula bahkan nyaris lebih rapi dari sebelumnya. Lantai maupun meja nyaris tidak ada barang yang berserakan.

Photo: Twitter AFC

Setelah semua dipastikan bersih, timnas Jepang pun memberikan salam terakhir di sebuah kertas yang berisi ucapan terimakasih dalam tiga bahasa yakni Inggris, Jepang dan Arab.

Aksi Timnas Jepang ini langsung menuai pujian. Walau kalah, Jepang menunjukkan sebagai tim yang respek, bertanggung jawab, dan hormat kepada tuan rumah.

Apa yang dilakukan oleh Timnas Jepang pun sama seperti yang mereka lakukan di Piala Dunia Rusia tahun lalu.

Semua yang dilakukan oleh Timnas Jepang langsung diunggah oleh pihak AFC melalui akun Twitter resmi mereka.

“Jepang meninggalkan ruang ganti tanpa noda dengan pesan terima kasih dalam bahasa Inggris, Arab dan Jepang!,” tulis akun resmi AFC @afcasiancup.

Melihat hal yang sangat luar biasa itu, apakah kita bisa lakukan hal positif seperti Jepang? seharusnya bisa, kenapa tidak.

 

Komentar

komentar